Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BILATERAL: Korsel Apresiasi Hubungan dengan Indonesia Kian Erat

Pemerintah Korea Selatan mengapresiasi hubungan Korsel dan Indonesia yang kian erat pascakunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Seoul pada Mei tahun lalu.
Indonesia-Korea/Ilustrasi-Bisnis.com
Indonesia-Korea/Ilustrasi-Bisnis.com

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan mengapresiasi hubungan Korsel dan Indonesia yang kian erat pascakunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Seoul pada Mei tahun lalu.

Menteri Luar Negeri Korsel Yun Byung-se mengatakan kunjungan tersebut telah menghasilkan berbagai kesepakatan kerja sama di berbagai bidang yang memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

“Indonesia merupakan sahabat baik Korsel dalam forum kerja sama bilateral, regional, dan global,” ujar Yun dalam pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Korea Selatan John A. Prasetio di Kementerian Luar Negeri ROK, seperti dilansir oleh laman kemlu.go.id, Jumat (21/1/2017).

Pertemuan itu sendiri merupakan pertemuan penutup di penghujung masa tugas Dubes John sebagai diplomat RI. Dubes John memimpin KBRI Seoul di Korsel selama 4,5 tahun. "Capaian yang luar biasa ini terwujud berkat dukungan kuat dari Dubes John" demikian puji Menlu Yun.

Menlu Yun memandang hubungan Indonesia dan Korsel dewasa ini sebagai hubungan yang terdekat, terutama pada saat terjadi uji coba nuklir dan berbagai tindakan Korea Utara yang dipandangnya provokatif. Indonesia, lanjut Yun, telah mengeluarkan pernyataan yang keras mengutuk hal tersebut.

Sementara itu, Dubes John menyampaikan rasa hormat dan terima kasihnya atas dukungan dan kerja sama yang diberikan selama ini oleh Pemerintah ROK. Kerja sama kedua belah pihak kian berkembang di berbagai sektor, khususnya pada bidang perdagangan dan ekonomi.

Investasi Korea kian tumbuh subur di Indonesia dengan masuk dan berkembangnya perusahaan-perusahaan terkemuka Negeri Ginseng seperti raksasa elektronik LG, Hankook Tires, Lotte Chemicals, Posco, dan lain sebagainya. Mewakili sektor perbankan, Shinhan Bank akan mulai beroperasi di Indonesia pada 6 Februari mendatang.

Selain itu Menlu Korsel turut menggarisbawahi komitmen kedua negara dalam menyukseskan forum Strategic Dialogue antar Wakil Menlu RI dan Korsel yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 6-7 Februari 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper