Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Oesman Sapta Harapkan Masyarakat Minang Bersatu Tingkatkan Kesejahteraan

Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) Oesman Sapta Odang mengajak semua elemen masyarakat etnis Minang bersatu untuk membantu pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat.
Oesman Sapta Odang. /Bisnis.com
Oesman Sapta Odang. /Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU--Wakil Ketua MPR yang juga Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) Oesman Sapta Odang (OSO) mengajak semua elemen masyarakat etnis Minang bersatu untuk membantu pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat.

Permintaan itu disampaikannya pada pertemuan tokoh masyarakat Minang di Pekanbaru, Provinsi Riau malam ini, Rabu (25/1/2017). Turut hadir pada acara itu Ketua Gebu Minang Provinsi Riau Basrizal Koto, Gubenur Riau Andi Rahman serta para tokoh masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, OSO mengatakan bahwa salah satu cara membantu kemajuan bangsa adalah dengan menjaga persatuan bangsa dimanapun berada. Dia mengapresisi bagaimana masyarakat Minang selama ini bisa bersatu dengan masyarakat dimanapun mereka berada dengan pepatah yang dikenal dengan “Dimana bumi dipijak, di sana langit dijunjung”.

Menurutnya, dengan filosofi tersebut masyarakat Minang diharapkan ikut membangun daerah tempat mereka merantau. Masyarakat Minang melalui berbagai organisasinya, juga harus bersatu di bawah organisasi Gebu Minang dengan orientasi meningkatkan kesejahteraan bangsa, ujarnya.

Dia kemudian menyampaikan pentingnya menerapkan ilmu modern 5S dalam memajukan organisasi kemasyarakatan.

Menurutnya, S pertama adalah strategi. Strategi apa yang akan dibawa organisasi ke depan. Sedangkan S kedua adalah struktur, yakni struktur organisasi yang jelas untuk keberlanjutan sebuah organisasi.

“Selain itu, ada juga Skill (kemampuan), yakni hanya orang-orang yang tepat yang bisa duduk dalam sebuah struktur organisasi,” ujarnya.

Sedangkan S keempat ialah sistem. Tanpa sistem, lanjut OSO organisasi terancam hancur. Begitu juga dengan S yang terakhir, yakni speed and target yang sangat diperlukan untuk mengukur kemajuan dan pencapaian target organisasi.

“Secara berkala organisasi harus mengevaluasi program yang sudah dan belum berjalan. Hal ini penting untuk mengukur kemajuan sebuah organisasi,” ujarnya.

Selain melakukan pertemuan dengan Gebu Minang, OSO malam ini juga menghadiri Rapat Koordinasi Ketua DPC Hanura dan Anggota DPRD Provinsi Riau.

Pertemuan dengan kader Partai Hanura itu dilakukan setelah OSO mengumumkan susunan lengkap Kepengursan Partai hanura pada siangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper