Ahok Jalani Sidang Kedua, Djarot Hadir di Rumah Lembang

Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta nonaktif kembali menjalani sidang lanjutan atas perkara dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (20/12/2016). Sementara, Djarot, hadir di Rumah Lembang, Menteng.
Puput Ady Sukarno | 20 Desember 2016 10:56 WIB
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjalani sidang perdana kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, Selasa (13/12/2016). - Antara/Tatan Syuflana

Bisnis.com, JAKARTA - Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta nonaktif kembali menjalani sidang lanjutan atas perkara dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (20/12/2016). Sementara, Djarot, hadir di Rumah Lembang, Menteng.

Basuki yang akrab disapa Ahok itu mengikuti sidang keduanya dengan agenda pembacaan replik oleh Jaksa Penuntut Umum atas nota keberatan yang disampaikan terdakwa dan tim kuasa hukum pada persidangan pertama, sepekan lalu.

Persidangan yang diketuai oleh Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto itu dimulai sekitar pukul 09.00 wib. Namun demikian, Ruang Sidang Koesoemah Atmadja yang berkapasitas 85 orang sudah penuh dengan pengunjung, baik duduk maupun berdiri.

Sejumlah anggota tim penasihat hukum Ahok, seperti Trimoelja D Soerjadi, Humphrey Djemat, Sirra Prayuna, Tommy Sihotang dan adik perempuan Ahok, Fifi Lety Indra, juga telah memasuki ruang sidang sejak pukul 08.00 wib.

Ahok memasuki ruang sidang dengan setelan kemeja lengan panjang bermotif hitam coklat dan bercelana hitam, tepat pukul 09.00 wib.

"Saudara terdakwa sehat?" tanya Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto, saat mulai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Selasa (20/12/2016).

Ahok pun menjawab dengan tegas. "Sehat," jawabnya, sesaat setelah duduk di depan majelis hakim.

Lalu Ahok juga menengok ke belakang dan melempar senyum ke tempat pengunjung sidang, serta melambaikan tangannya sembari berterima kasih atas dukungan hadirin.

Sementara di luar gedung pengadilan, sejumlah masa terlihat menggelar aksi unjuk rasa. Mereka berasal dari masing-masing pihak, baik pendukung Ahok maupun kubu lain.

Akibat aksi yang juga dijaga ratusan polisi tersebut, lalu linta di Jalan Gadjah Mada sedikit tersendat, lantaran ruas jalan yang biasanya terdiri dari lima lajur kendaraaan, hanya bisa dilewati satu lajur saja.

Pada sisi lain, di lokasi berbeda pula, pasangan Basuki dalam Pilkada DKI 2017 dengan nomor urut dua itu, yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat hadir di Rumah Lembang, Menteng.

Kedatangan Djarot seolah menggantikan tugas Basuki selama ini yang memilih berkampanye dan menyampaikan visi misinya serta menyerap aspirasi masyarakat di Rumah Lembang, Menteng.

Djarot selama ini diketahui lebih banyak blusukan kepada masyarakat dibandingkan berada di Rumah Lembang, lantaran memang pembagian tugas kampanye keduanya sudah diatur masing-masing dan berbeda dengan hari ini.

Djarot hadir menyerap aspirasi masyarakat di Rumah Lembang dengan setelan kemeja kotak-kotak, ciri khas pasangan nomor urut dua tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ahok, Djarot Saiful Hidayat

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top