Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fidel Castro Wafat, Berikut Beberapa Fakta Terkait Dirinya

Pemimpin kharismatik Kuba, Fidel Castro, tutup usia dalam umur 90 tahun. Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/11), berikut beberapa fakta terkait pemimpin negara komunis tersebut
Fidel Castro. /Reuters
Fidel Castro. /Reuters

Kabar24.com, HAVANA —Pemimpin kharismatik Kuba, Fidel Castro, tutup usia dalam umur 90 tahun. Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/11/2016), berikut beberapa fakta terkait pemimpin negara komunis tersebut.

Pertama, Fidel Castro memimpin Kuba selama lima dekade dan menjadi kepala negara terlama ketiga di dunia setelah Ratu Inggris Elizabeth dan Raja Thailand. Sementara ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada Juli 2006 setelah menjalani operasi usus. Penyerahan kekuasaan menjadi resmi pada 2008.

Kedua, pada tahun-tahun terakhir kepemimpinannya, Castro sesekali muncul di depan publik dan dalam video yang biasanya menayangkan pertemuan dengan tamu. Dia menulis ratusan kolom untuk media resmi. Membungkuk dan berjalan dengan kesulitan, Castro terlihat di depan umum dua kali pada 2012 dan dua kali pada 2013. Ia terlihat di depan umum pada 8 Januari 2014, saat pembukaan pusat budaya.

Ketiga, Castro memegang rekor untuk pidato terpanjang yang pernah disampaikan ke PBB yakni selama 4 jam dan 29 menit pada 26 September 1960, menurut situs  PBB. Salah satu pidatonya terpanjangnya yaitu berlangsung 7 jam dan 30 menit pada 24 Februari 1998, setelah dirinya terpilih kembali oleh majelis nasional untuk jangka waktu lima tahun sebagai presiden.

Keempat, Castro mengaku selamat dari 634 usaha pembunuhan, terutama didalangi oleh CIA. Lembaga telik sandi asal Amerika Serikat itu pernah menggunakan pil racun, cerutu beracun, peledak moluska, dan baju selam kimia yang tercemar. Ada pula dugaan rencana memberinya bedak yang akan membuat jenggotnya rontok dan melemahkan popularitasnya.

Kelima, majalah Time pada 2012 mendapuk Castro sebagai salah satu dari 100 tokoh paling berpengaruh sepanjang masa.

Keenam, Castro memiliki sembilan anak dari lima perempuan yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper