Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Cabai di Gorontalo Terus Naik

Dalam dua pekan terakhir, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Gorontalo, terus mengalami kenaikan.
Harga cabai terus merangkak naik./Bisnis
Harga cabai terus merangkak naik./Bisnis

Bisnis.com, GORONTALO - Dalam dua pekan terakhir, harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional di Kota Gorontalo, terus mengalami kenaikan.

Pantauan ANTARA, di pasar sentral Kota Gorontalo, Rabu, harga cabai rawit mencapai Rp52.000/kg, dari harga sebelumnya yaitu Rp45.000/kg.

Sementara itu di pasar shopping center, Limboto, Kabupaten Gorontalo harga cabai rawit Rp50 ribu/kg, naik dari harga normal yaitu Rp35.000/kg.

Jefri, salah seorang pedagang bumbu masakan mengaku, kenaikan harga disebabkan stok cabai rawit yang kurang dari petani.

"Selain karena lahan yang terendam banjir, cabai rawit Gorontalo banyak dikirim ke daerah Sulawesi Utara, sehingga stok yang beredar di daerah ini berkurang," ungkapnya.

Abdullah, pedagang bumbu masak lainnya mengaku, kenaikan harga cabai juga disebabkan karena cabai Gorontalo banyak diminati warga walaupun ada stok cabai rawit dari daerah Sulawesi Tengah.

"Cabai Gorontalo lebih dilirik karena tahan lama dan lebih pedas, berbeda dengan cabai yang masuk dari daerah lain," ucap Abdullah.

Selain cabai rawit, harga tomat juga mengalami kenaikan, dari harga normal yaitu Rp10.000/kg, kini menjadi Rp18.000/kg.

Sementara itu, Om Lani salah seorang pemilik warung makanan di Kota Gorontalo mengaku, cukup berat dengan kenaikan harga cabai rawit dan tomat.

"Kita sebagai pemilik warung makan setiap hari pasti butuh bumbu masak, apalagi cabai rawit dan tomat, namun kami tetap maklum karena banyak lahan pertanian cabai yang terendam saat banjir melanda Kabupaten Gorontalo beberapa pekan lalu,' pungkasnya.

Namun Om Lani berharap, kenaikan harga cabai dan beberapa bumbu masak lainnya dapat segera turun dan kembali normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper