Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEMENPAN RB: ASN Harus Berjiwa Muda dan Profesional

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN-RB) meminta seluruh aparatur sipil negara atau ASN memiliki jiwa muda dan profesional dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan publik.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN-RB) meminta seluruh aparatur sipil negara atau ASN memiliki jiwa muda dan profesional dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan publik.

Asman Abnur, Menteri PAN-RB, mengatakan jiwa muda harus dimiliki ASN dalam menjalankan tugasnya secara optimal. Pasalnya, pelayanan publik memerlukan kreativitas agar dapat berjalan optimal.

“Kami ingin ASN berjiwa muda dan memiliki profesionalisme, agar pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan optimal,” katanya, Senin (10/10). Asman menuturkan nantinya Kementerian PAN-RB akan memprioritaskan mahasiswa lulusan terbaik dari perguruan tinggi negeri.

Untuk dapat menjadi ASN, pemerintah akan mendahulukan mahasiswa yang memiliki indeks prestasi komulatif atau IPK tinggi. Dengan cara itu diharapkan posisi ASN akan diisi oleh orang yang memiliki integritas dan profesionalisme yang baik.

Asman juga menyampaikan saat ini cukup banyak ASN yang berusia di atas 55 tahun. Bahkan secara persentase, sekitar 7,78% dari total 4,47 juta ASN telah berusia di atas 55 tahun. Pemerintah pun harus memikirkan cara agar pelayanan publik dapat tetap berjalan optimal dengan sumber daya manusia yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper