Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAPAT PARIPURNA DPR: Setujui Budi Gunawan Jadi Kepala BIN

Rapat Paripurna DPR menyetujui hasil pertimbangan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang diambil Komisi I DPR, Rabu (7/9) untuk merekomendasikan Komjen Pol Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 08 September 2016  |  13:14 WIB
Calon Kapolri Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah). - Antara/M Agung Rajasa
Calon Kapolri Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (tengah). - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA -  Rapat Paripurna DPR menyetujui hasil pertimbangan calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang diambil Komisi I DPR, Rabu (7/9) untuk merekomendasikan Komjen Pol Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN.

"Bapak ibu yang saya hormati, apakah laporan hasil uji kelayakan dan kepatuan calon kabin dapat disetujui," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dalam Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Setelah itu, seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna itu menyatakan setuju laporan tersebut.

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis dalam laporannya menjelaskan, Komisi I DPR telah melaksanakan rapat intern pada tanggal 6 September 2016 dan memutuskan pembahasan pemberian pertimbangan terhadap calon Kepala BIN melalui uji kepatutan dan kelayakan dilaksanakan pada 7 September 2016.

Menurut dia, uji kelayakan itu dengan agenda penyampaian visi dan misi Calon Kepala BIN, pendapat dan pandangan fraksi fraksi dan anggota Komisi I DPR terhadap calon Kepala BIN.

"Lalu dilanjutkan dengan rapat intern dalam rangka pengambilan keputusan mengenai pemberian pertimbangan terhadap calon Kepala BIN," ujarnya.

Abdul Kharis menjelaskan proses uji kelayakan calon Kepala BIN berjalan secara lancar dan dilanjutkan dengan rapat intern Komisi I DPR RI.

Menurut dia, setelah mendengarkan paparan visi dan misi Kepala BIN, serta pendapat dan pandangan Fraksi-Fraksi dan l DPR RI terhadap calon Kepala BIN, maka Komisi DPR RI memutuskan memberikan pertimbangan yaitu Budi Gunawan layak dan patut sebagai Kepala BIN menggantikan Sutiyoso.

Calon Kepala BIN Budi Gunawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena seluruh rangkaian proses pergantian Kepala BIN mulai dari uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I.

"Lalu rapat paripurna telah memutuskan untuk menyetujui pencalonan ataupun usulan saya sebagai Kepala BIN," ujarnya.

Budi Gunawan juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberi amanah kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi Kepala BIN.

Menurut dia, hal itu sebuah amanat pengabdian yang baru buat dirinya, dan akan memberikan pengabdian terbaik untuk kemajuan BIN, bangsa dan negara.

"Saya juga berterima kasih kepada Bapak Sutiyoso karena mulai tahap persiapan dan hingga tahap terakhir, seluruh jajaran BIN ikut membantu," katanya.

Hal itu, menurut dia, membuktikan bahwa BIN solid dan mendukung suksesi pergantian kepemimpinan. Dia berjanji akan bekerja bersama untuk memajukan institusi itu agar lebih profesional dan lebih baik lagi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

badan intelijen negara komjen budi gunawan

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top