Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KOMISI I DPR: Budi Gunawan Layak dan Patut Jadi Kepala BIN

Rapat internal Komisi I DPR menyatakan Komjen Pol Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala Badan Intelijen Negara, setelah yang bersangkutan memaparkan visi-misi dalam uji kelayakan dan kepatutan dihadapan anggota Komisi I DPR.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 07 September 2016  |  14:57 WIB
Komjen Pol Budi Gunawan. - Antara/Reno Esnir
Komjen Pol Budi Gunawan. - Antara/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA -  Rapat internal Komisi I DPR menyatakan  Komjen Pol Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala Badan Intelijen Negara, setelah yang bersangkutan memaparkan visi-misi dalam uji kelayakan dan kepatutan dihadapan anggota Komisi I DPR.

"Rapat internal Komisi I memberikan pertimbangan  Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala BIN menggantikan Sutiyoso," kata Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyhari dalam konferensi pers di Ruang Rapat Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Dia mengatakan, pertimbangan itu diambil setelah Komisi I DPR mendengarkan visi-misi BG dan melakukan pendalaman dalam uji kelayakan.

Namun. Abdul Kharis enggan mengungkapkan secara rinci pertimbangan apa saja yang diberikan sehingga menyebut BG layak dan patut menjadi Kepala BIN. "Ada pertimbangan rapat internal, tetapi  tidak bisa kami sampaikan," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin menjelaskan, paparan BG tentang fungsi dan peran BIN sangat menegaskan  yang bersangkutan menguasainya.

Selain itu menurut dia, BG menguasai masalah ideologi politik, proteksi masyarakat, dan masalah teroris. "Perdebatan saat pengambilan keputusan ada, tetapi  bagaimana membuat kesimpulan, pada prinsipnya semua fraksi sepakat menyetujui setujui BG menjadi Kepala BIN," katanya.

Politikus PDIP itu mengatakan, mayoritas anggota Komisi I DPR menyoroti terkait misi BG dalam memberantas teroris dan perlindungan masyarakat.

Dia menjelaskan, Komisi I menginginkan agar BG menjalankan visi-misi yang telah dipaparkannya dalam uji kelayakan.

"Kami menjalankan fungsi pengawasan, akan mengawasi kinerja Pak BG dalam menjalankan visi-misinya," ujarnya.

Dia menjelaskan, mekanisme selanjutnya adalah Komisi I DPR akan mengirimkan surat ke Pimpinan DPR terkait pertimbangan yang diberikan kepada BG.

Selanjutnya menurut dia, Pimpinan DPR akan mengirimkan surat ke Presiden terkait pertimbangan itu lalu kemudian BG dilantik sebagai Kepala BIN.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

badan intelijen negara komjen budi gunawan

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top