Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo 3 Kampanyekan Poros Maritim ke Universitas Mataram

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (26/8/2016), guna mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman pada generasi muda.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar program Pelindo III Goes to Campus di Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (26/8/2016), guna mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman pada generasi muda.

 

Universitas Mataram menjadi lokasi ketiga dari program tersebut. Sebelumnya kegiatan yang sama telah diadakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, pada Februari dan April 2016. 

 

Tema yang diusung untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu “Peran Pemuda Menyongsong Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia 2045” yang dilaksanakan selama dua hari dengan rangkaian kegiatan seminar berupa aksi “go green” dengan melakukan penanaman ratusan pohon di lingkungan kampus.

 

Rektor Universitas Mataram Sunarpi pada sambutannya saat pembukaan acara, mengungkapkan pengetahuan tentang kemaritiman sangat dibutuhkan oleh generasi muda sebagai penerus bangsa karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

 

“Posisi yang strategis di jalur persilangan dunia, membuat Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia,” ujarnya.

 

Kepala Humas Pelindo III, Edi Priyanto, yang hadir pada hari pertama menuturkan bahwa  kegiatan tersebut juga guna mendukung Program Tol Laut yang digagas oleh pemerintahan Jokowi-JK. Oleh karena itu, sebagai BUMN kepelabuhanan Pelindo III memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut. 

 

Jadi selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia,” ujarnya. 

 

Pada kegiatan seminar kemaritiman yang diselenggarakan di Ruang Rapat Senat Universitas Mataram dihadiri oleh tiga narasumber di antaranya Asisten Kepala Biro Perencananaan Strategis Korporat Pelindo III, Edward D.P Napitupulu.

 

Dia memaparkan tentang strategi pengembangan pelabuhan untuk pertumbuhan ekonomi nasional dan penguatan ekonomi lokal salah satunya yaitu pengembangan Terminal Gilimas yang terletak di sebelah barat Pelabuhan Lembar. 

 

“Melalui pembangunan Terminal Gilimas,Pelindo III mengembangkan Pelabuhan Lembar untuk meningkatkan pelayanan pada kapal cruise, agar kapal cruise yang bisa sandar di pulau destinasi favorit pariwisata tersebut semakin besar ukurannya dan semakin banyak jumlahnya. Di samping itu juga sebagai terminal peti kemas baru untuk meningkatkan kelancaran logistik sehingga mendorong geliat perekonomian kawasan di sekitarnya,” tuturnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper