Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sidang Tahunan MPR 2016: Reformasi Capai Kemajuan, Demokrasi Perlu Etika

Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan era reformasi telah membuka jalan bagi siapa pun di negara untuk menjadi apa yang diinginkan tanpa mempermasalahkan suku agama dan lain-lain.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 16 Agustus 2016  |  12:05 WIB
Sidang Tahunan MPR 2016: Reformasi Capai Kemajuan, Demokrasi Perlu Etika
Zulkifli Hasan - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan era reformasi telah membuka jalan bagi siapa pun di negara untuk menjadi apa yang diinginkan tanpa mempermasalahkan suku agama dan lain-lain.

Menurutnya, kemajuan tersebut telah diakui dunia internasional di tengah kemajuan demokrasi yang juga cukup memggembirakan. Zulkifli menyampaikan hal itu dalam pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR 2016, di Kompleks Parlemen, Selasa (16/8/2016).

Menurutnya, selama 18 tahun masa reformasi telah banyak pencapaian yang diraih oleh Bangsa Indonesia. Reformasi, ujarnya, telah memberi kesempatan siapa saja untuk menjadi yang diinginkan.

“Reformasi membuat semua orang di republik ini bisa diterima, tak lagi melihat agama dan kesukuan,” ujarnya. Namun, dia mengingatkan agar kemajuan demokrasi itu perlu mengedepankan etika. Demokrasi juga menuntut idealisme agar tidak terjebak pada pragmatisme jangka pendek.

Pada bagian lain, Zulkifli berharap tak ada lagi masalah yang dipicu oleh sikap intoleran dan pudarnya nilai luhur. "Tidak boleh remehkan ini, suatu waktu akan jadi serius," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mpr reformasi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top