Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenpan-RB Diminta Gabungkan Pelatihan Umum PNS

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diminta menggabungkan proses pendidikan dan pelatihan umum pegawai negeri sipil di seluruh kementerian/lembaga demi efisiensi anggaran negara.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi diminta menggabungkan proses pendidikan dan pelatihan umum pegawai negeri sipil di seluruh kementerian/lembaga demi efisiensi anggaran negara.

 

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur saat keduanya bertemu di Kantor Wakil Presiden, Selasa(9/8/2016).

 

“Banyak hal yang dinasihati beliau [Wapres Kalla], termasuk sistem pendidikan di masing-masing kementerian, mana yang sejenis digabungkan saja,”ujarnya usai bertemu Wapres Kalla.

 

Saat ini, dia menjelaskan, masing-masing kementerian memiliki gedung pelatihan yang hanya dipakai beberapa kali dalam setahun. Hal itu dianggap sebagai pemborosan.  

 

Nantinya, pelatihan mengenai pengetahuan umum yang bisa diikuti oleh pegawai lintas kementerian/lembaga akan dilakukan bersamaan dalam satu waktu dan lokasi agar lebih efisien. Sedangkan pelatihan dengan spesifikasi keahlian tertentu akan dilakukan masing-masing kementerian/lembaga sesuai kebutuhan.

 

Dalam kesempatan tersebut, Asman juga mengaku mendukung upaya pemerintah melakukan pemangkasan anggaran di masing-masing kementerian/lembaga, termasuk kementerian yang dipimpinnya.

 

“Sebenarnya itu masalah self blocking, hal apa yang kurang efisien diusahakan berkurang, seperti rapat tak produktif. Konsentrasinya efisiensi,”paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper