Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Domba Hasil Kloning, Dolly, Berusia Lebih Panjang

Analisis terhadap 13 domba hasil kloning, termasuk empat yang berasal dari materi genetik yang sama dengan binatang hasil kloning pertama, domba Dolly, terbukti bisa berumur panjang dan hidup sehat menurut studi yang dipublikasikan Selasa (26/7/2016) di jurnal Nature Communications.
Domba Dolly, binatang hasil pengklonan pertama yang lahir 5 Juli 1996 dan mati 14 Februari 2003. (National Museums Scotland/Roslin Institute, University of Edinburgh )
Domba Dolly, binatang hasil pengklonan pertama yang lahir 5 Juli 1996 dan mati 14 Februari 2003. (National Museums Scotland/Roslin Institute, University of Edinburgh )

Kabar24.com, JAKARTA - Analisis terhadap 13 domba hasil kloning, termasuk empat yang berasal dari materi genetik yang sama dengan binatang hasil kloning pertama, domba Dolly, terbukti bisa berumur panjang dan hidup sehat menurut studi yang dipublikasikan Selasa (26/7/2016) di jurnal Nature Communications.

Tiga pekan setelah ulang tahun ke-20 kelahiran domba Dolly, peneliti dari Universitas Nottingham di Inggris, yang memimpin studi itu, mengungkapkan temuan terkini mereka mengenai penyakit tidak menular terkait usia pada keturunan binatang hasil kloning.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa empat domba hasil kloning yang berasal dari lini sel yang sama, kopi genom Dolly, mencapai usia kedelapan mereka dalam keadaan sehat.

Domba-domba hasil kloning bernama Debbie, Denise, Dianna, dan Daisy itu baru saja merayakan ulang tahun kesembilan.

Ahli biologi perkembangan Kevin Sinclair dari University of Nottingham memelihara mereka bersama sembilan domba hasil kloning lainnya yang usianya tujuh sampai sembilan tahun.

Dolly mencetak sejarah sebagai binatang pertama yang dikloning dari sel domba dewasa menggunakan teknik yang disebut Somatic-Cell Nuclear Transfer (SCNT).

Namun umur panjang dan kesehatan saat menua di antara binatang yang dikloning menggunakan teknik SCNT sejak lama menjadi perdebatan. Domba Dolly menjalani perawatan osteoarthritis beberapa kali menjelang kematiannya tahun 2003 pada usia relatif muda yakni 6,5 tahun.

Studi yang baru menunjukkan bahwa antara tujuh sampai sembilan tahun usia (sekitar 60 sampai 70 tahun pada manusia) domba-domba hasil kloning tidak menunjukkan efek gangguan kesehatan jangka panjang.

Selama 2015, domba-domba hasil kloning tersebut menjalani serangkaian penilaian komprehensif untuk penyakit tidak menular seperti obesitas, hipertensi dan osteoarthritis, tiga penyakit utama yang biasa ditemukan pada populasi orang lanjut usia menurut para peneliti.

Pemeriksaan radiologi pada semua sendi utama dilanjutkan dengan pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI) pada lutut mereka, sendi merupakan bagian tubuh yang paling terdampak osteoarthritis pada Dolly.

Kesehatan mereka dibandingkan dengan sekelompok domba berusia enam tahun hasil kembang biak alami pada kondisi serupa di University of Nottingham.

"Domba hasil perkembangbiakan alami bisa hidup 10 tahun lebih pastinya... Tapi ini seperti pada manusia. Manusia bisa hidup sampai umur 80an dan 90an atau bahkan 100an tahun lebih, tapi hanya sedikit yang seperti itu," kata Profesor Kevin Sinclair dari University of Nottingham, salah satu penulis hasil studi itu.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah bahwa pada masa-masa awal keturunan domba hasil kloning menua sebelum waktunya dan Dolly didiagnosis osteoarthritis pada usia sekitar lima tahun, jadi ini jelas area yang relevan untuk diteliti, kata Sinclair.

Meski usianya lanjut, domba-domba hasil kloning, termasuk empat "saudari" Dolly, tidak menunjukkan tanda-tanda diabetes, tekanan darah tinggi atau penyakit sendi degeneratif.

Meski beberapa binatang menunjukkan tanda-tanda osteoarthritis ringan namun tidak ada yang pincang dan tidak ada yang membutuhkan perawatan osteoarthritis menurut hasil studi yang dikutip kantor berita Xinhua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper