Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilpres AS: Trump Ancam Bersihkan Orang-Orang Obama dari Pemerintahan

Calon Presiden Amerika dari Partai Republik Donald Trump akan berusaha membersihkan pemerintahan federal dari setiap pejabat yang ditunjuk oleh Presiden Obama.
Calon presiden AS Donald Trump./REUTERS
Calon presiden AS Donald Trump./REUTERS

Kabar24.com, CLEVELAND - Calon Presiden Amerika dari Partai Republik Donald Trump akan berusaha membersihkan pemerintahan federal dari setiap pejabat yang ditunjuk oleh Presiden Obama.

Chris Christie, Gubernur New Jersey yang merupakan sekutu Trump menyebutkan sang miliuner juga akan berusaha meminta agar Kongres bisa meluluskan peraturan yang akan memudahkannya untuk memecat pekerja publik.

Christie yang memimpin tim Transisi Gedung Putih bagi Trump juga mengatakan pihaknya sudah menyusun daftar petugas pemerintahan federal yang akan dipecat jika Trump berhasil mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat Hillary Clinton dalam pemilu 8 November nanti.

“Seperti yang Anda tahu dalam perjalanan karir lainnya, Trump gemar memecat orang,” ujar Christie dalam sebuah pertemuan tertutup dengan puluhan donatur di Konvensi Nasional Partai Republik di Cleveland seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/7/2016).

Christie mengacu pada peran Trump dalam acara televisi The Apprentice di mana dia gemar mengucapkan kata you’re fired! [Anda dipecat].

Penasihat transisi Trump mengkhawatirkan kemungkinan Obama bisa mengkonversi orang-orangnya menjadi pegawai negeri yang keamanan kerjanya lebih terjamin dibandingkan dengan orang-orang yang ditunjuk secara politik. Hal ini akan memungkinkan para petugas untuk tetap mengamankan jabatannya di pemerintahan baru yang kemungkinan dimenangkan Republik.

“Hal ini disebut bersembunyi. Dari penunjukan sebagai politisi mereka ditransfer menjadi pegawai negeri guna mencoba menghalangi penerusnya,” kata Christie.

Dia menyebutkan salah satu hal yang diusulkan kepada Trump adalah untuk sesegera mungkin meminta kongres Partai Republik mengubah hukum yang mengatur pegawai negeri. Dengan demikian akan lebih mudah untuk menyingkirkan orang-orang tersebut. Menurutnya, proses pemecatan pegawai negeri rumit dan memakan waktu.

Sejauh ini tidak ada respons apapun dari Federasi Pegawai Pemerintah Amerika yang merupakan persatuan keryawan federal terbesar di Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper