Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebulan Menuju Olimpiade Brasil 2016, Apa Saja Persiapan Tuan Rumah?

Bulan ini akan menandai dimulainya hitung mundur menuju Olimpiade Brasil 2016 setelah tujuh tahun persiapan mencapai titik paling kritis mereka.
Olimpiade Rio 2016/ilustrasi
Olimpiade Rio 2016/ilustrasi

Bisnis.com, RIO DE JANEIRO - Bulan ini akan menandai dimulainya hitung mundur menuju Olimpiade Brasil 2016 setelah tujuh tahun persiapan mencapai titik paling kritis mereka. Berikut progres persiapan yang dilakukan menjelang pesta olahraga dunia yang akan dimulai 5 Agustus mendatang.

ORGANISASI

Panitia Olimpiade Rio 2016 menghindari banyak masalah yang menimpa ketimbang penyelenggaraan Piala Dunia di Brasil dua tahun lalu, ketika sebagian besar stadion yang terlambat dibangun karena anggaran yang terlalu besar.

Salah seorang pejabat kota pekan lalu mengatakan bahwa pembangunan Rio Olympic Park telah mencapai 99% penyelesaian.

Lima dari sembilan tempat telah siap: Arena Carioca 1 (basket), Arena Carioca 2 (judo, gulat), Arena Carioca 3 (taekwondo, anggar), Future Arena (handball) dan pusat akuatik (renang). Fasilitas media atlet dan Olympic Park Hotel juga telah selesai.

Pekerjaan masih berlangsung di velodrome, kolam pemanasan di Maria Lenk Aquatic pusat dan dua lapangan tenis.

Pejabat kota tersebut mengatakan bahwa Velodrome akan siap pada pertengahan Juli

INFRASTRUKTUR

Pengerjaan Aspal untuk jalur bus ekspres baru menuju tempat Olimpiade telah dilakukan. Selain itu terowongan bawah tanah terpanjang Brasil - melewati pusat kota - juga telah sebagian dibuka.

Pekerjaan perbaikan di bandara internasional Tom Jobim Rio juga akan diselesaikan dalam beberapa hari mendekat ini. Namun masih ada keraguan apakah jalur metro baru yang menghubungkan kota ke Olympic Park di Barra da Tijuca akan siap pada waktunya.

Beberapa stasiun baru belum dibuka dan insinyur masih melakukan tes sepanjang bentangan 16 km dari trek. Pemerintah negara bagian telah mengatakanakan membukanya pada tanggal 1 Agustus, empat hari sebelum Olimpiade dimulai.

Buruh juga berusaha menyelesaikan jalur trem baru yang menghubungkan bandara domestik Rio untuk terminal bus utama, melalui pelabuhan kabupaten yang dirubah.

KEAMANAN

Brasil berencana untuk menyiagakan 85.000 tentara dan polisi selama Olimpiade, sekitar dua kali lipat jumlah yang digunakan di Olimpiade London 2012.

Awal tahun ini pemerintah negara bagian Rio memotong 550 juta dolar AS dari anggaran keamanan Olimpiade, tetapi membantah langkah itu akan menimbulkan risiko bagi keselamatan.

Pada bulan Mei, Dornelles mengeluarkan permintaan untuk pemerintah federal untuk mengerahkan pasukan bersenjata nasional di jalan-jalan kota sebagai bagian dari kontingen militer 15.000 selama Olimpiade.

Brasil juga telah meluncurkan kampanye kesadaran untuk menggagalkan rencana teror mungkin selama perhelatan olahraga tersebut.

Inisiatif ini melibatkan penyebaran brosur, poster dan booklet menjelaskan bagaimana mengidentifikasi orang terlibat dalam aktivitas yang mencurigakan.

Pada bulan Juni pemerintah mengatakan badan intelijen Brasil bekerja bersama rekan-rekan di Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Israel dan Rusia untuk melawan ancaman terorisme.

POLUSI

Pemerintah kota tahun lalu mengaku tidak akan mampu memenuhi janji untuk mengurangi polusi di teluk Gunabara hingga 80% sebelum Olimpiade.

Namun menurut pemerintah Brasil dengan adanya jaring besar yang menghalangi aliran limbah ke wilayah kompetisi dan kapal yang meraup sampah dari permukaan air akan membuat Teluk itu siap digunakan untuk kompetisi berlayar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Xinhua

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper