Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

JAKARTA TEMPO DOELOE: Inilah Asal Usul Nama Pisangan Baru Jakarta Timur

Pisangan Baru merupakan sebuah kawasan berupa kelurahan di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Wilayah itu berbatasan dengan Kelurahan Utan Kayu Selatan di sebelah utara, Kelurahan Kayu Manis di barat, Kelurahan Pisangan Timur di timur dan Kelurahan Jatinegara di selatan.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 14 Juni 2016  |  18:35 WIB
Kawasan Pisangan Baru - Istimewa
Kawasan Pisangan Baru - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pisangan Baru merupakan sebuah kawasan berupa kelurahan di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Wilayah itu berbatasan dengan Kelurahan Utan Kayu Selatan di sebelah utara, Kelurahan Kayu Manis di barat, Kelurahan Pisangan Timur di timur dan Kelurahan Jatinegara di selatan.

Mengenai nama Pisangan Baru dijelaskan oleh Zaenuddin HM dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, terbitan Ufuk Press pada Oktober 2012. Dijelaskan, bahwa kata pisangan terbentuk dari kata pisang dan an (pisang+an). Karena itu banyak kalangan menduga nama tempat itu kemungkinan dari kondisi alamnya pada masa lampau, yakni banyak pohon pisang.

Maklum, Jakarta tempo dulu (Batavia) wilayahnya berupa perkebunan dan hutan. Boleh jadi di kawasan tersebut banyak tumbuh pohon pisang, sehingga disebut Pisangan Baru.

Kata baru diyakini sebagai penegasan bahwa wilayah tersebut merupakan yang baru, dan bukan yang lama. Adapun pohon pisang yang umum dibudidayakan sekarang merupakan keturunan dari musa acuminata colla dan musa balbisiana colla yang banyak jenisnya di Thailand, Malaysia, Indonesia dan Papua Nugini.

Tanaman tersebut hidup berumpun, tingginya sekitar 3-5 meter, berbatang semu, licin dan banyak mengandung air. Daunnya tersusun memutar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta pisang
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top