Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jet Tempur Vietnam HIlang di Laut China Selatan

Sebuah jet tempur Vietnam buatan Rusia dilaporkan hilang pada Selasa (14/6/2016) setelah tidak tampak pada radar saat menjalani latihan terbang di wilayah garis pantai Laut China Selatan milik negara tersebut.
Sukhoi /reuters
Sukhoi /reuters

Kabar24.com, JAKARTA— Sebuah jet tempur Vietnam buatan Rusia dilaporkan hilang pada Selasa (14/6/2016) setelah tidak tampak pada radar saat menjalani latihan terbang di wilayah garis pantai Laut China Selatan milik negara tersebut.

Senior Letnan Jenderal Vo Van Tuan, Wakil Kepala Angkatan Bersenjata Vietnam mengatakan jet Sukhoi SU-30 MK2 tersebut terbang sekitar 30-40 kilometer dari pantai provinsi Nghe An dekat dengan Pulau Hainan milik China ketika dilaporkan hilang. Penerbangan dengan jet model serupa pun ditangguhkan sejak saat itu.

“Kami belum menemukan pesawat itu, kami masih mencarinya,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/6/2016).

Ketika ditanya kemungkinan penyebab hilangnya pesawat dia mengatakan pihaknya harus menemukan pesawat tersebut terlebih dahulu untuk tahu apa yang terjadi.

Sebelumnya, beberapa kecelakaan juga pada peralatan perang Vitenam dalam dua tahun terakhir.

Sebuah helikopter Vietnam yang sudah tua dilaporkan mengalami kecelakaan begitupula saat Vietnam mengkalibrasi ulang strategi pertahanannya.

Negara tersebut berencana memodernisasi kemampuan pertahanannya sebagai pencegahan atas meningkatnya aktivitas militer China di Laut China Selatan yang diklaim oleh dua negara bertetangga tersebut.

Jet tempur SU-30 MK2 merupakan satu dari 30 unit pesawat serupa yang digunakan Vietnam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper