Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Langkah Pemprov Riau Atasi Banjir Musiman di Pekanbaru

Pemprov Riau kini tengah menyusun rencana penanganan dan antisipasi banjir di Kota Pekanbaru.
Ilustrasi. Banjir. /Antara
Ilustrasi. Banjir. /Antara

Kabar24.com, PEKANBARU – Pemprov Riau kini tengah menyusun rencana penanganan dan antisipasi banjir di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Sumber Daya Air (Ciptada) Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno mengatakan pihaknya tengah mencari solusi penanganan banjir musiman di Pekanbaru.

“Untuk penanganan secara berkelanjutan, sudah mulai dirancang beberapa solusi. Seperti akan membangun dan memperbesar Daerah Aliran Sungai (DAS) di Jalan Soekarno-Hatta, Pekanbaru dan beberapa titik lainnya,” katanya dalam keterangan persnya, Minggu (12/6/2016).

Langkah ini untuk menjaga daerah aliran sungai sehingga mampu menampung debit air kala musim hujan.

Dwi juga menerangkan banjir ini bukan lagi permasalahan baru di Ibu Kota Provinsi Riau tersebut, tetapi telah berulangkali setiap tahun. Dimana fenomena banjir ini berbeda dengan banjir musiman yang terjadi di luar kota yang berada rendah dari aliran sungai. 

Dwi mengakui pihak Pemerintah Kota Pekanbaru telah melakukan beberapa langkah. Sementara itu Pemerintah Provinsi Riau berperan memberikan dukungan sesuai dengan tupoksi yang dimiliki. Solusi untuk banjir kedepan kata dia pihak Ciptada Riau akan memperbesar dan membangun aliran sungai yang aliranya menuju Sungai Air Hitam di Jalan Soekarno Hatta.    

“Aliran sungai itu dibuat mulai dari Jalan Bakti sampai ke persimpangan SKA, dan dari SKA terus disambung sampai ke Jalan Riau. Sedangkan untuk cabang-cabang anak sungainya akan dilakukan pengerukan agar air mengalir dengan lancar sampai menuju Sungai Air Hitam,” katanya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper