Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Malaysia Terima 68 Pengungsi Suriah, Termasuk Anak-anak

Malaysia pada Sabtu menerima 68 pengungsi Suriah, termasuk 31 anak, dari total 3.000 pengungsi yang diizinkan masuk ke negara berpenduduk mayoritas muslim tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Mei 2016  |  11:43 WIB
Ilustrasi-Anak-anak pengungsi Suriah di penampungan Turki - Reuters
Ilustrasi-Anak-anak pengungsi Suriah di penampungan Turki - Reuters

Kabar24.com, KUALA LUMPUR - Malaysia pada Sabtu menerima 68 pengungsi Suriah, termasuk 31 anak, dari total 3.000 pengungsi yang diizinkan masuk ke negara berpenduduk mayoritas muslim tersebut.

Desember tahun lalu, negara Asia Tenggara itu menerima kelompok pertama pengungsi Suriah yang terdiri atas 11 orang yang memiliki kerabat di Malaysia.

Deputi Perdana Menteri Zahid Hamidi mengatakan migran Suriah, yang terbang ke Malaysia via Lebanon, akan diizinkan bekerja sementara anak-anak mereka bisa belajar di sekolah-sekolah publik.

"Malaysia akan menampung 3.000 pengungsi Suriah," katanya kepada wartawan setelah kedatangan kelompok kedua pengungsi.

"Sekitar 200 pegungsi lainnya akan tiba beberapa ke depan," ujarnya seperti dikutip kantor berita AFP.

Zahid mengatakan mereka akan mendapatkan akomodasi dan bantuan keuangan selama masa tinggal sementara mereka, dengan beberapa lembaga swadaya masyarakat lokal memberikan bantuan kemanusiaan.

Saat para pengungsi melangkah keluar dari pesawat dan menuju pangkalan Angkatan Udara Subang, barat ibu kota Kuala Lumpur, mereka tersenyum sambil menggenggam barang-barang dan anak-anak mereka.

Bulan Oktober tahun lalu, Perdana Menteri Najib Razak mengatakan Malaysia akan menerima 3.000 migran Suriah dalam tiga tahun mendatang untuk membantu mengatasi krisis pengungsi.

Eropa menghadapi ketegangan dengan kedatangan ratusan ribu orang yang meninggalkan Suriah dan negara lain guna meminta suaka.

Malaysia bukan penandatangan perjanjian Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang pengungsi, karenanya tidak ada hukum untuk melindungi para pengungsi meski negara itu hanya menerimanya sementara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengungsi suriah

Sumber : Antara

Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top