Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MEA 2016: Lulusan Universitas di RI Berpeluang Titi Karir di Kawasan Asean

Masyarakat Ekonomi Asean membuka peluang dan kesempatan luas bagi lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk meniti karir di negara-negara Asia Tenggara, kata Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi.
Bendera anggota Asean/Ilustrasi
Bendera anggota Asean/Ilustrasi

Kabar24.com, YOGYAKARTA - Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Yudian Wahyudi mengatakan Masyarakat Ekonomi Asean membuka peluang dan kesempatan luas bagi lulusan perguruan tinggi di Indonesia untuk meniti karir di negara-negara Asia Tenggara. 

 

"MEA bukan ancaman yang harus ditakuti, melainkan tantangan dan peluang untuk menembus pasar regional. Lulusan UIN Sunan Kalijaga tidak perlu takut dan pesimistis untuk bersaing di dunia kerja profesional," katanya di Yogyakarta, Jumat (27/5/2016).

Pada wisuda 330 lulusan UIN Sunan Kalijaga periode III tahun akademik 2015/2016, Yudian mengatakan secara internal Indonesia dengan bonus demografi saat ini memberi peluang tersendiri di antara pertumbuhan penduduk negara Asia Tenggara.

"Keberhasilan sangat bergantung pada kepiawaian lulusan UIN Sunan Kalijaga dalam membaca peluang dan menciptakan peluang untuk memberdayakan diri," kata alumnus Harvard University, Amerika Serikat (AS), itu.

Menurut dia, dengan modal utama keilmuan, soft skill, dan terus mengasah empat kecerdasan yang telah dipupuk selama di kampus yakni kecerdasan intelektual, sosial, spiritual, dan emosional membuat seseorang menjadi profesional.

"Dengan bekal tersebut kami optimistis lulusan UIN Sunan Kalijaga memiliki daya saing tinggi untuk berkompetisi tidak hanya di dalam negeri tetapi juga secara global," kata Yudian.

Dia mengatakan sebanyak 330 lulusan UIN Sunan Kalijaga yang diwisuda terdiri atas 35 lulusan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, 44 lulusan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 47 lulusan Fakultas Syariah dan Hukum, 64 lulusan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Kemudian 30 lulusan Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam, 32 lulusan Fakultas Sains dan Teknologi, 25 lulusan Fakultas Sosial dan Humaniora, 13 lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan 40 lulusan Pascasarjana.

"Dari jumlah lulusan tersebut sebanyak 175 orang di antaranya berpredikat cumlaude. Lulusan terbaik dan tercepat diraih Nazilatus Syukriyah dari Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86," kata Yudian.

PT New Priok Container Terminal One (NPCT1) melaksanakan uji coba operasi untuk pelayaran Internasional yang mendatangkan Kapal Sinar Sumba Voy 400 (Samudera Indonesia Shipping Line Ltd.) dengan GRT 18.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper