Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Postur Aparatur Sipil Negara Belum Ideal

Postur aparatur sipil negara (ASN) yang menempati posisi jabatan fungsional umum dinilai terlalu besar, karena mencapai 42,19% dari total pegawai negeri sipil sebanyak 4,49 juta orang.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Postur aparatur sipil negara (ASN) yang menempati posisi jabatan fungsional umum dinilai terlalu besar, karena mencapai 42,19% dari total pegawai negeri sipil sebanyak 4,49 juta orang.

Setiawan Wangsaatmadja, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB ) mengatakan Pemerintah saat ini berupaya menerapkan smart ASN pada 2019 dengan memperbaiki sistem perencanaan dalam rekrutmen, agar mencapai postur yang ideal.

“Kementerian PAN-RB telah memperbaiki sistem perencanaan dalam rekrutmen pegawai, sistem rekrutmen menggunakan CAT, dan profesionalisme ASN akan terus ditingkatkan hingga 2019,” katanya melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (12/5).

Setiawan menuturkan sejak 2014 Kementerian PAN-RB telah menerapkan sistem W-informasi dalam perencanaan dan rekrutmen pegawai. Dalam sistem itu, seluruh instansi Pemerintah harus mengajukan usulan tambahan formasi instansinya.

Menurutnya, tahun ini seharusnya seluruh instansi pemerintahan telah menyelesaikan pengisian e-formasi pada April. Sayangnya hingga 10 Mei 2016 masih ada Pemerintah daerah yang belum menyelesaikan e-formasi.

“Dari 542 provinsi, kabupaten, dan kota yang mengajukan e-formasi, 43 di antaranya masih 50%, dan 18 sisanya 0%,” ujarnya.

Jumlah itu masih jauh lebih baik dibandingkan dengan data pada 13 April 2016, yakni masih ada 75 pemerintah daerah yang input e-formasi masih di bawah 50%, dan 31 pemerintah daerah lainnya masih 0%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper