Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hiu Terluka, Obyek Wisata Botubarani Ditutup Sementara

Obyek wisata di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, ditutup sementara akibat kondisi hiu yang diduga stress dan terluka.
Hiu/Antara
Hiu/Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Obyek wisata di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, ditutup sementara akibat kondisi hiu yang diduga stress dan terluka.

Keputusan itu ditempuh warga dan pemerintah daerah setelah ledakan jumlah pengunjung dalam dua hari terakhir.

"Kemungkinan lokasi ini akan ditutup sampai tiga hari, untuk mempersiapkan zonasi khusus dengan memasang pembatasnya. Ini adalah langkah yang efektif karena proteksi terhadap hiu harus dilakukan sesegera mungkin," kata Wakil Ketua POSSI Wawan Iko di Gorontalo, Minggu.

Menurutnya penutupan lokasi untuk memberi ruang nyaman bagi hiu yang mengalami luka, serta untuk memberi kesempatan kepada warga dan nelayan setempat mempersiapkan fasilitas wisata.

"Selain infrastruktur pariwisata, edukasi terhadap warga terkait pelestarian kehidupan hiu harus diberikan terlebih dahulu," imbuhnya.

Sementara itu Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang berkunjung ke Botubarani, Minggu sore, menyatakan mulai Senin pagi tidak boleh ada aktivitas pengunjung baik yang berperahu, snorkeling dan penyelaman.

"Dinas terkait akan membuat zonasi atau batas bagi pengunjung dan perahu, agar tidak bersentuhan langsung hiu. Saya tadi lihat sendiri hiunya sudah luka, aset berharga ini bisa kabur jika kita tidak menjaganya," ungkap Rusli.

Berdasarkan pantauan, jumlah pengunjung dalam dua hari terakhir mencapai ratusan orang.

Puluhan perahu dan kapal membawa pengunjung berada pada titik yang sama dan bebas memberi makan serta bersentuhan langsung dengan hiu paus.

Bahkan sejumlah pengunjung memeluk, menunggangi, bahkan memukul hiu karena panik didekati hewan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper