Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Meksiko Membakar Stupa Donald Trump di Ritual Paskah

Meksiko merayakan ritual Paskah Sabtu malam (26/3/2016) dengan membakar stupa kandidat presiden AS dari Partai Republik berharap Donald Trump, yang anti-imigran sehingga memicu kemarahan selatan perbatasan Amerika.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 27 Maret 2016  |  13:36 WIB
Meksiko Membakar Stupa Donald Trump di Ritual Paskah
Donald Trump - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, MEXICO CITY  - Meksiko merayakan ritual Paskah Sabtu malam (26/3/2016) dengan membakar stupa kandidat  presiden AS dari Partai Republik berharap Donald Trump, yang anti-imigran sehingga  memicu kemarahan selatan perbatasan Amerika.

Di lingkungan La Merced Mexico City yang miskin, ratusan warga bersorak berteriak "kematian" dan berbagai penghinaan karena mereka menyaksikan ledakan menyeringai bubur kertas mock-up dari taipan real estate, penuh dengan blazer biru, dasi merah dan seberkas rambut pirang khasnya.

Mexicans take pictures near an effigy of U.S. Republican presidential hopeful Trump in Mexico

Media melaporkan  stupa Trump  (foto REUTERS) dibakar di Meksiko, dari Puebla ke daerah industri Meksiko Monterrey.

Pembakaran adalah bagian dari tradisi Meksiko pada Pekan Suci  di mana lingkungan membakar gambar-gambar untuk mewakili Yudas Iskariot, yang mengkhianati Yesus Kristus menurut Alkitab. Stupa sering mencontoh tokoh politik yang tidak populer.

"Sejak ia mulai kampanye dan mulai berbicara tentang imigran, Mexico, dan Meksiko, aku berkata 'Aku harus mendapatkan orang ini,'" kata Felipe Linares, tukang yang membuat  stupa Trump dan  keluarganya telah membuat Yudas selama lebih dari 50 tahun.

Trump, terdepan untuk memenangkan nominasi Partai Republik untuk pemilu November 8, telah menarik api di Meksiko dengan sumpah kampanyenya untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan selatan AS untuk mencegah imigran ilegal dan obat-obatan, dan untuk membuat Meksiko harus membayar.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengatakan negaranya tidak akan membayar untuk dinding dan menyamakan "nada melengking" Trump seperti diktator  Adolf Hitler dan Benito Mussolini.

Trump, yang juga telah menimbulkan keprihatinan di kalangan banyak di partainya sendiri dengan usulannya, menuduh Meksiko mengirim pemerkosa dan pelarian  obat melintasi perbatasan dan bersumpah untuk meningkatkan biaya pada  visa Meksiko dan semua kartu perbatasan untuk  membuat Meksiko harus membayar untuk dinding.

Stupa Yudas  dibakar di desa-desa dan kota-kota di beberapa negara Amerika Latin seperti Venezuela dan di bagian Yunani. Antropolog mengatakan praktek melayani fungsi simbolik untuk mengatasi perpecahan dan menyatukan masyarakat di sekitar musuh bersama.

Linares juga telah melakukan mock-up dari mantan pemimpin serikat korup Elba Esther Gordillo dan Presiden Enrique Pena Nieto, yang popularitasnya telah dilanda konflik dari  skandal dan hilangnya 43 siswa di tangan polisi yang korup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perayaan paskah meksiko Donald Trump

Sumber : REUTERS

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top