Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INSIDEN KWAY FEY: Kemenlu Ambil Alih Masalah Indonesia-China di Natuna

Insiden penangkapan kapal Kway Fey yang berujung penabrakan yang dilakukan kapal China terhadap kapal patroli Hiu di perairan Natuna memasuki areal politik antarnegara.
Kapal pasukan penjaga pantai China/@kkpgoid
Kapal pasukan penjaga pantai China/@kkpgoid

Kabar24.com, TANJUNGPINANG - Insiden penangkapan kapal Kway Fey yang berujung penabrakan yang dilakukan kapal China terhadap kapal patroli Hiu di perairan Natuna memasuki areal politik antarnegara.

Permasalahan Tiongkok dengan Indonesia yang bermula di perairan Natuna, diambil alih oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV/Tanjungpinang Letkol Josdy Damopolii.

"Kami (TNI AL) tidak memiliki kewenangan untuk mengomentarinya, karena sudah memasuki wilayah politis," ujarnya di Tanjungpinang, Selasa (22/3/2016).

Josdy menjelaskan seluruh kebijakan terkait permasalahan yang muncul akibat intervensi kapal penjaga pantai terhadap petugas TNI AL dan KKP di perairan Natuna diputuskan Kementerian Luar Negeri dan KKP.

"Kami sudah mendapat arahan dari pusat," ucapnya.

Meski demikian, kata dia, TNI AL dan institusi lainnya yang bertugas mengamankan wilayah kedaulatan NKRI di perairan Natuna dan daerah lainnya tetap melakukan pengawasan secara ketat.

"Berapa jumlah kekuatan kita, di mana posisi pengamanan, tidak boleh dibeberkan. Tetapi yang pasti pengamanan di perairan perbatasan kita kuat," tegasnya.

Sebelumnya, dari di Jakarta dilaporkan, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengajak China menghormati hukum internasional, termasuk kesepakatan dalam konvensi laut internasional, pascainsiden penggagalan penyitaan KM Kway Fey 10078 berbendera China di Laut Natuna.

"Kita dengan Tiongkok memiliki hubungan yang baik. Kita mencoba agar hubungan baik itu sekaligus dapat digunakan untuk menghormati hukum-hukum internasional, sekali lagi termasuk hukum Unclos 1982," tegas Menlu ditemui di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (21/3/2016) sore.

Menurut Menlu, pihaknya telah memanggil Kuasa Usaha Sementara Kedutaan Besar China di Jakarta, Sun Weide untuk menyampaikan fakta lapangan mengenai penggagalan penangkapan oleh sejumlah kapal coast guard China.

Dalam pertemuannya dengan Weide, Menlu mengatakan Indonesia menyampaikan tiga bentuk protes yang pertama masalah pelanggaran hak berdaulat dan yurisdiksi Indonesia di kawasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan Landas Kontinen.

Protes kedua yaitu upaya yang dilakukan oleh kapal coast guard China untuk mencegah upaya penegakan hukum yang dilakukan otoritas Indonesia di wilayah ZEE dan landas kontinen.

Selanjutnya, protes ketiga yang disampaikan adalah pelanggaran terhadap kedaulatan laut teritorial Indonesia.

Menlu menekankan kepada Weide bahwa Indonesia merupakan negara Non Claimant State atau negara yang tidak merasa memiliki dan mengakui sesuatu yang diperebutkan di wilayah Laut Tiongkok Selatan.

"Jadi sudah jelas dan kami minta agar Tiongkok memberikan klarifikasi terhadap insiden yang terjadi pada Minggu dini hari," tegas Menlu.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga menyampaikan kecaman kepada China. Selanjutnya silakan klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper