Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Titis Jabaruddin Tampilkan Sketsa Hitam-Putih Hingga Digital Art

Pelukis Titis Jabaruddin menggelar pameran retrospeksi pertamanya setelah 50 tahun, mulai 15 Maret-26 Maret 2016, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Dalam pameran yang menandai perjalanan kariernya, Titis menampilkan ragam media seni dalam karyanya.
Pameran lukisan./
Pameran lukisan./

Bisnis.com, JAKARTA - Pelukis Titis Jabaruddin menggelar pameran retrospeksi pertamanya setelah 50 tahun, mulai 15 Maret-26 Maret 2016, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Dalam pameran yang menandai perjalanan kariernya, Titis menampilkan ragam media seni dalam karyanya.

Kurator pameran ini sekaligus kurator Galeri Nasional Indonesia, Citra Smara Dewi, memilah kisah perjalanan Titis dalam tiga periode. Pertama, periode 19651995 ditandai dengan karya sketsa hitam-putih, lukisan potret cat minyak, dan lukisan soft pastel. Periode berikutnya 19962010 menyajikan berbagai media seni lukis seperti soft pastel, cat minyak, cat akrilik, seni grafis hingga digital art.
 
Menurut Citra, pada periode kedua ini terlihat eksplorasi media dan teknik yang begitu intens, berbagai tema pun disunting Titis dengan sangat dinamis.
 
Pemilahan ketiga yaitu periode 20112016, menyajikan perkembangan terkini karya-karya seni lukis soft pastel Titis Jabarudin, dengan disertai nuansa religius, baik dari segi pendekatan teknis maupun tema.
 
Periode-periode tersebut merupakan bukti keaktifan Titis dalam berkarya yang menunjukkan kesetiaannya terhadap seni rupa. Sikap profesionalnya sebagai pelukis menunjukkan kecintaannya terhadap dunia seni rupa tanah air, sehingga sudah selayaknya Galeri Nasional Indonesia memberi apresiasi dengan memfasilitasi pameran tunggal restrospeksi ini, kata Citra seperti dalam rilis yang diterima Bisnis.
 
Pelukis Titis Jabaruddin mengatakan keinginannya untuk menyelenggarakan pameran ini merupakan obsesi lama. Pameran ini sebagai pertanggungjawaban sebagai pelukis. Setelah ini, dia akan terus berkarya dan bereksplorasi. Seperti seorang petani, saya tidak akan pernah berhenti hingga kekuatan saya berakhir.
 
"Pameran ini bukan semata untuk unjuk diri atas karya-karya saya, melainkan sebagai pertanggungjawaban saya, sejauh mana saya tetap konsisten dan setia pada profesi saya sebagai pelukis selama ini, kata Titis.
 
Kepala Galeri Nasional Indonesia, Tubagus Andre Sukmana mengatakan pameran ini diharapkan dapat memberikan kesempatan pada masyarakat luas untuk menambah wawasan dan mengenal lebih dekat tokoh-tokoh seni rupa Indonesia. Selain itu masyarakat juga dapat mengakses dan memperoleh inspirasi serta motivasi dari perjalanan kreatif Titis Jabaruddin melalui karya-karya yang ditampilkan,tuturnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper