Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Venezuela Tarik Pulang Diplomat dari Washington

Venezuela menarik pulang diplomat tertinggi di Washington ke Caracas pada Rabu setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberlakukan saksi terhadap sejumlah pejabat di negara Amerika Selatan tersebut.
Presiden Venezuela Nicola Maduro/remezcla.com
Presiden Venezuela Nicola Maduro/remezcla.com

Bisnis.com, CARACAS -  Venezuela menarik pulang diplomat tertinggi di Washington ke Caracas pada Rabu setelah Presiden Amerika Serikat Barack Obama memberlakukan saksi terhadap sejumlah pejabat di negara Amerika Selatan tersebut.

Diplomat tertinggi tersebut adalah Maximilien Arvelaiz, penanggung jawab urusan Venezuela di Washington. Dalam beberapa bulan terakhir dia menunggu izin untuk menjadi duta besar di Amerika Serikat.

Venezuela dan Amerika Serikat sama-sama tidak mempunyai duta besar sejak 2010. Tahun lalu, Washington juga memberlakukan sejumlah sanksi dan menyebut Venezuela sebagai ancaman keamanan nasional.

"Cukup sudah arogansi, kesombongan, dan intrik ini," kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro saat mengumumkan penarikan pulan Arvelaiz yang disiarkan televisi setempat.

Maduro juga menuding Amerika Serikat tengah merencanakan penggulingan dirinya sebagai presiden.

Venezuela memang merupakan negara yang terkenal mempunyai hubungan buruk dengan Amerika Serikat sejak mantan presiden Hugo Chavez berkuasa pada 1999 sampai 2013 lalu.

Garis kebijakan anti-Amerika Serikat tersebut kemudian diteruskan oleh presiden saat ini, Maduro.

"Terkadang, saya merasa berada di atas pesawat dan setiap lima menit harus mengencangkan sabuk pengaman karena guncangan yang kuat," kata Arvelaiz saat menggambarkan perannya sebagai diplomat tertinggi Venezuela di Amerika Serikat dalam sebuah wawancara pada Desember lalu.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Caracas tidak merespon permintaan untuk mengomentari penarikan pulang Arvelaiz.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper