Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumut Teken MoU Sistem Keuangan Digital Daerah

Pemprov Sumut dan tiga pemkab/pemko pada hari ini (4/2/2016) menandatangani nota kesepahaman penerapan sistem keuangan digital yakni Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda). Sistem ini nantinya juga terintegrasi dengan aplikasi manajemen kas.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN - Pemprov Sumut dan tiga pemkab/pemko pada hari ini (4/2/2016) menandatangani nota kesepahaman penerapan sistem keuangan digital yakni Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda). Sistem ini nantinya juga terintegrasi dengan aplikasi manajemen kas.

Ketiga pemda tersebut yakni Pemko Tebing Tinggi, Pemko Pematang Siantar, Pemkab Toba Samosir, dan Pemkab Padang Lawas.

Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi menuturkan, selanjutnya seluruh pemkab/pemko di Sumut harus segera menerapkan sistem ini. Sebelumnya, sudah ada empat pemda yang menerapkan sistem ini yakni Pemko Medan, Pemkab Serdang Bedagai, Pemkab Samosir, Pemkab Dairi, Pemkab Tapanuli Utara, dan Pemkab Padang Sidempuan.

"Aplikasi ini memungkinkan keuangan daerah untuk dimonitor setiap saat. Saya sangat berharap semua kabupaten dan kota bisa menerapkannya, sehingga pengelolaan keuangan daerah di Sumut menjadi lebih baik dan transparan," papar Erry, Kamis (4/2/2016).

Berdasarkan data Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, saat ini Simda telah diterapkan oleh 360 pemda di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto menjelaskan, sistem manajemen kas daerah yang terintergrasi dengan Simda ini dimulai sejak 2014 di Serdang Bedagai. Selanjutnya, diikuti oleh Samosir dan Humbang Hasundutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper