Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 4 Garansi Jatim pada Investasi Asing

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjanjikan empat garansi kemudahan investasi asing guna mendongkrak iklim investasi di tahun depan. Langkah ini dilakukan seiring dengan promosi dan potensi Trade, Tourism and Investment (TTI) yang dilakukan oleh Provinsi Jatim.
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. /Bisnis.com
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. /Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjanjikan empat garansi kemudahan investasi asing guna mendongkrak iklim investasi di tahun depan. Langkah ini dilakukan seiring dengan promosi dan potensi Trade, Tourism and Investment (TTI) yang dilakukan oleh Provinsi Jatim.

"Sudah disampaikan sebelumnya oleh Pak Wagub [Wakil Gubernur], garansi itu bukan hanya janji tapi akan kami terapkan pada siapa saja investor asing yang masuk Jatim," ujar Asisten II Bidang Perekonomian Hadi Prasetyo, Jumat (4/12/2015).

Adapun keempat garansi tersebut antara lain ketersediaan listrik, pelayanan perizinan 17 hari, pengadaan lahan di kawasan industri dan sumber daya manusia, khususnya lulusan pondok pesantren.

Sebelumnya, Pemprov Jatim telah melakukan kunjungan bisnis terkait promosi TTI di negara bagian California, Amerika Serikat pada akhir November lalu. Selanjutnya, kunjungan strategis itu akan dilakukan di London, Inggris hingga 8 Desember 2015.

Investasi asing di Jawa Timur hingga kuartal III/2015 dikuasai oleh Negeri Jiran Malaysia, Jepang, dan Inggris. Sementara itu investasi asal Amerika Serikat dinilai masih minim.

Kepala Bidang Pengolahan Data dan Sistem Informasi Badan Penanaman Modal (BPM) Provinsi Jatim Diah Wahyu Ermawati mengatakan jumlah investasi asing asal Amerika Serikat hampir tidak pernah menduduki 10 besar di Jawa Timur.

"Pada kuartal III/2015 realisasi investasi Amerika Serikat di Jatim hanya US$1 juta," ujarnya.

Padahal, ada beberapa usaha potensial yang dapat dijalin antara USA dan Jatim di antaranya bisnis furnitur, makanan olahan, pariwisata, industri penerbangan, dan energi pengolahan air dan sampah.

Kerjasama investasi antara Amerika Serikat dengan Jawa Timur dimulai pada 1970. Adapun nilai investasi hingga semester I/2015 tercatat sebesar US$ 2,4 miliar yang mencakup 72 proyek dan menyerap tenaga kerja 18.488 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper