Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Cara Guru Agar Bisa Dongkrak Penghasilan

Product Manager Ruangguru.com Rosmiyana mengatakan, salah satu visi utama Ruangguru.com meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar.
Uji kompetensi guru (UKG)/Antara
Uji kompetensi guru (UKG)/Antara
Kabar24.com, JAKARTA -- Product Manager Ruangguru.com Rosmiyana mengatakan, salah satu visi utama Ruangguru.com meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia dengan meningkatkan kesejahteraan para pengajar. 
 
"Kami juga meningkatkan kualitas para guru melalui berbagai inisiatif. Seperti pelatihan berkala bagi guru, program apresiasi prestasi, serta melengkapi para guru dengan berbagai tools yang memudahkan aktivitas mengajar dan pengembangan profesi mereka," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Jakarta, Kamis (26/11/2015).
 
Pengembangan profesi juga dapat dilakukan lewat platform tes.ruangguru.com dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk membantu guru-guru di sekolah mempersiapkan diri menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) Nasional.
 
"Kegiatan ini berlangsung selama November untuk persiapan UKG," tuturnya.
 
Andika, salah satu pengajar bidang Bahasa Inggris dan Perpajakan di Ruangguru.com mengatakan, ia senang mengajar sejak dulu, dan semangat mengajar ini terus muncul bahkan ketika ia lulus kuliah dan bekerja. 
 
"Saya sangat tertarik dengan program mengajar yang ditawarkan Ruangguru.com karena ada seleksi kualitas pengajar berupa verifikasi latar belakang dan jadwal mengajarnya dapat disesuaikan dengan waktu kosong saya," ungkap Andika.
 
Setelah memutuskan untuk bergabung pada September 2015, Andika mengaku, dapat menyalurkan passionnya mengajar dan mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp12 juta/bulan. 
 
"Bayangkan penghasilan tambahan yang mungkin diperoleh guru-guru berpengalaman, yang punya waktu lebih untuk mengajar. Ini akan sangat mendukung kesejahteraan mereka," ujar Andika.
 
Para pengajar di Ruangguru.com memang mendapatkan kompensasi yang cukup kompetitif dibandingkan tempat lainnya. Pada umumnya, upah guru privat di lembaga lain sangat flat dan ditetapkan lembaga, rata-rata berkisar antara Rp40.000 hinga Rp65.000 per jam untuk kelas berkelompok. 
 
Sementara di Ruangguru.com, upah guru ditetapkan guru sendiri, mulai dari Rp50.000 per jam. Saat ini secara agregat para pengajar di Ruangguru.com memperoleh upah sebesar Rp98,000 per jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper