Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI GURU, Jokowi: Muliakan Guru Lewat Karya

Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam peringatan hari guru mengatakan, guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa harus dimuliakan melalui karyanya.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo yang turut hadir dalam peringatan Hari Guru mengatakan, guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa harus dimuliakan melalui karyanya.

"Saya hargai tema hari guru mulia karena karya. Karena saya sendiri adalah karya guru saya," ujar Jokowi dalam acara peringatan Hari Guru Nasional di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Peringatan Hari Guru Nasional yang mengusung tema 'Guru Mulia Karena Karya' dinilai sanagt relevan dengan tumbuh kembangnya semangat pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia dalam merevolusi mental bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan berdab di tengah-tengah percaturan kehidupan masyarakat global.

Karya nyata guru-guru, ucap Jokowi, tersebar di kota-kota besar, hingga di pelosok desa, Karya nyata guru-guru yang berjuang di pedalaman. 

"Karya nyata guru-guru yang berada di daerah-daerah terisolir dan perbatasan," ucapnya.

Guru-guru yang tanpa kenal lelah berkarya di pulau-pulau terdepan. "Karya nyata guru-guru yang  hari ke hari harus menapaki jalan puluhan Kilometer untuk terus bisa berkarya," ucap Presiden.

Dirinya meyakini bahwa karya guru-guru  yang akan melukis wajah masa depan Republik ini. 

"Kualitas manusia Indonesia di masa depan ditentukan oleh guru-guru kita hari ini," tuturnya.

Guru adalah teladan bagi generasi masa depan, teladan pembelajar yang terus belajar. Dengan karya seorang guru, maka akan ada jutaan anak Indonesia yang karakternya terbentuk dengan etos kerja berbasis karya. 

"Karena itu, guru bukan sekedar pendidik melainkan peletak dasar masa depan kita semua," pungkasnya.

Dalam peringatan Hari Guru Nasinal ini, Presiden juga memberikan Satyalancana Pendidikan kepada guru dan tenaga kependidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper