Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru Berprestasi

Program tahunan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi kembali digelar. Kegiatan ini kini dilaksanakan menjelang hari guru nasional, 18-21 November 2015.
Sejumlah guru menjawab soal di layar komputer dalam uji kompetensi guru/Antara
Sejumlah guru menjawab soal di layar komputer dalam uji kompetensi guru/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Program tahunan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi kembali digelar. Kegiatan ini ilaksanakan menjelang Hari Guru Nasional, 18-21 November 2015.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sumarna Surapranata mengungkapkan, penyelenggaraan tahun ini diikuti 901 guru dari seluruh Indonesia. Jumlah ini terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan widyaiswara.

"Dengan tim penilai independen dari Perguruan Tinggi (PT) dan asosiasi profesi," kata pria yang akrab disapa Pranata ini di Hotel Sahid Jakarta, Rabu (18/11/2015) malam.

Pranata mengungkapkan, fasilitas yang akan didapatkan pemenang adalah insentif sejumlah uang dan barang seperti laptop. Selain itu, pemberian penghargaan nontunai. Jika ada yang mau, pihaknya juga bersedia memberi beasiswa S2 di dalam maupun luar negeri.

Para pemenang juga bisa mengikuti program pertukaran guru ke luar negeri, misalnya ke Selandia Baru. Para guru terpilih bisa magang dan belajar di salah satu sekolah selama satu bulan.

Mengenai proses penialaian, Pranata menyebut, para guru itu harus ada inovasi pembelajaran.

"Kemudian yang tahu ada standar prestasi sesuai standar para penilai independen," kata dia.

Pemilihan GTK berprestasi dan berdedikasi merupakan wahana menuangkan ide, gagasan dan mencari isu atau permasalahan strategi tentang pendidikan yang di bawa sejumlah peserta. Peserta ini sendiri berasala dari seluruh tingkatan sekolah dari TK hingga SMA/sederajat. Proses seleksi sudah berjalan dari April hingga November dari tingkat sekolah hingga provinsi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan, kegiatan ini merupakan perhelatan terhomat bagi guru.

"Ibu dan bapak guru datang karena karya dan semua yang datang di sini sudah berprestasi dan berdedikasi," kata Anies.

Pihaknya ingin mendorong kreativitas guru meningkat dari tahun ke tahun melalui karya. Selain itu, kegiatan ini diharapkan menjadi semangat untuk membangun peradaban bangsa Indonesia dari para GTK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper