Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

UNHCR: Kanada Komitmen Terima 25.000 Pengungsi Suriah

Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menyambut baik komitmen Pemerintah Kanada untuk menerima 25.000 pengungsi Suriah melalui program pengakuan kemanusiaan pada akhir 2015.
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 16 November 2015  |  18:32 WIB
Pengungsi Suriah.  - Reuters
Pengungsi Suriah. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA--Badan Pengungsi PBB (UNHCR) menyambut baik komitmen Pemerintah Kanada untuk menerima 25.000 pengungsi Suriah melalui program pengakuan kemanusiaan pada akhir 2015.

"Ini langkah solidaritas terhadap lebih dari 4 juta warga Suriah dan negara-negara tetangga Suriah yang mengalami penderitaan akibat krisis," ujar perwakilan UNHCR Antonio Guterres dalam keterangan pers yang dikutip Senin (16/11).

Guterres mendorong negara-negara lain untuk mengikuti langkah Kanada untuk mengembangkan sumber daya dan meningkatkan jumlah pengungsi Suriah yang dapat ditampung. Dengan demikian, para pengungsi dapat membangun kembali hidup mereka di negara yang aman tanpa menempuh perjalanan berbahaya.

"Terlalu banyak pengungsi yang rentan dan lemah di negara-negara tetangga Suriah, terperangkah di lingkaran kemiskinan dan risiko saat berjuang memenuhi kebutuhan dasar mereka," imbuhnya.

Guterres mengatakan dibutuhkan lebih banyak program ambisius untuk memberikan peluang kepada pengungsi Suriah agar dapat memulai hidup baru.

Menindaklanjuti komitmen pemerintah Kanada, UNHCR akan bekerja dengan otoritas imigrasi Kanada untuk melakukan identifikasi tergadap warga Suriah di Timur Tengah, seperti Libanon dan Yordania untuk difasilitasi kepindahannya ke Kanada.

Berdasarkan catatan UNHCR, total penempatan pengungsi Suriah melalui berbagai skema di 30 negara mencapai 155.408 jiwa. UNHCR mengestimasi 10% dari 4,1 juta pengungsi yang teregistrasi membutuhkan resettlement atay pengakuan kemanusiaan di negara ketiga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unhcr pengungsi suriah
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top