Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yunani Dapat Bantuan 2 Miliar Euro Pekan Depan

Pemerintah Yunani kemungkinan besar akan mendapatkan pencairan bantuan tertunda senilai 2 miliar euro atau US$2,2 miliar pada 9 November 2015 dan bank di negeri itu nampaknya harus menekan beberapa dana darurat yang diperuntukkan bagi lembaga keuangan itu.
Yunani/Reuters
Yunani/Reuters

Kabar24.com, ATHENA- Pemerintah Yunani kemungkinan besar akan mendapatkan pencairan bantuan tertunda senilai 2 miliar euro atau US$2,2 miliar pada 9 November 2015 dan bank di negeri itu nampaknya harus menekan beberapa dana darurat yang diperuntukkan bagi lembaga keuangan itu.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (4/11), pembayaran 2 miliar euro untuk pemerintahan Perdana Menteri Alexis Tsipras bisa mendahului atau bertepatan dengan pertemuan para menteri keuangan kawasan euro awal pekan depan.

Menurut salah seorang sumber dari lingkaran dalam, pada pertemuan itu, Bank Sentral Eropa akan menyajikan ulasan terbaru dari kondisi perekonomian Yunani kepada para pemberi pinjaman.

ECB pada pekan lalu mengumumkan kekurangan 4,4 miliar euro pada empat bank utama Yunani yakni National Bank of Greece SA, Piraeus Bank SA, Eurobank Ergasias SA dan Alpha Bank AE , menggunakan asumsi ekonomi dasar tersebut. Jika menggunakan skenarioa yang paling psimistis, maka kesenjangan itu bisa mencapai 14,4 miliar euro.

Pembayaran 2 miliar euro itu dijadwalkan pemerintah di Athena merupakan bagian dari program penyelamatan terbaru untuk Yunani senilai 26 miliar euro. Segmen penyelamatan itu meliputi, pencairan 1 miliar euro untuk bank pembiayaan pembangunan dlaam negeri.

Sementara itu, segmen lainnya mencakup 13 miliar euro yang digunakan untuk membayar utang serta 10 miliar euro yang dialokasikan untuk rekapitalisasi bank-bank di Yunani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper