AS-Korsel Sepakat Hentikan Provokasi Korut

Menteri pertahanan Korea Selatan Han Min-koo dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter sepakat untuk menghentikan semua serangan dan provokasi Korea Utara.
Novie Isnanda Pratama | 02 November 2015 22:47 WIB
Seorang turis China berada di pagar kawat berduri di Imjingak dekat zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea, di Paju, Korea Selatan - Reuters

Kabar24.com, SEOUL - Menteri pertahanan Korea Selatan Han Min-koo dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter sepakat untuk menghentikan semua serangan dan provokasi Korea Utara.

Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan bersama kedua negara setelah menghadiri pertemuan konsultasi keamanan-SCM ke-47 di Seoul, Senin (2/11/2015). Kedua pihak menyetujui untuk mengesahkan rencana operasi menghancurkan nuklir dan rudal Korea Utara yang dianggap membahayakan Semenanjung Korea.

Mereka mengesahkan 4 langkah strategis untuk menghadapi serangan rudal Korut, yaitu mendeteksi, mempertahankan, mengganggu, dan menghancurkan. Kedua negara akan menerapakan strategi itu pada operasi baru 5015 komando pasukan gabungan Korsel-AS.

Selain itu, kedua negara sepakat menandatangani perjanjian berdasarkan syarat transfer hak kontrol operasi saat perang. Mereka juga menyetujui mempertahankan jumlah militer AS di Korsel dan memobilisasi kekuatan militer AS di seluruh dunia untuk membela negara yang dipimpin oleh Presiden Park Heun-hye tersebut.

Tak hanya itu, Korsel dan AS juga berjanji untuk memperkuat kerja sama di bidang ruang angkasa dan siber. Mereka akan membentuk badan konsultasi untuk membahas transfer teknologi pertahanan proyek pesawat jet tempur Korsel KF-X.

Tag : korsel vs korut
Editor : Bastanul Siregar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top