Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri BUMN Resmikan SMK Pergulaan di Situbondo

Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, dengan salah satu program keahlian mengenai pergulaan.
Pabrik Gula/Antara
Pabrik Gula/Antara

Kabar24.com, SITUBONDO - Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ibrahimy di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Kabupaten Situbondo, dengan salah satu program keahlian mengenai pergulaan.

"Sekolah seperti ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan karyawan yang andal di pabrik gula," katanya kepada wartawan seusai meresmikan sekolah di pesantren yang diasuh oleh KHR Achmad Azaim Ibrahimy tersebut, Kamis (22/10/2015).

Ia menjelaskan bahwa sekolah tersebut akan mencetak para murid yang umumnya kaum santri agar mengerti mengenai industri gula sehingga nantinya bisa mendukung tekad pemerintah untuk merealisasikan swasembada gula pada 2019.

Bahkan, kata dia, SMK tersebut bisa ditingkatkan lagi menjadi akademi sehingga menghasilkan tenaga-tenaga teknis yang lebih mumpuni di bidang pergulaan.

Sementara Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah KHR Achmad Azaim Ibrahimy mengatakan bahwa pesantren dengan masyarakat tidak bisa dipisahkan. Hal itu yang mendasari pemikiran pihaknya mendirikan sekolah kejuruan yang salah satu program keahliannya mengenai pergulaan.

"Kami menampung aspirasi masyarakat yang menitipkan anaknya di pesantren ini. Wali santri di sini banyak yang pemilik lahan tebu. Karena itu anak-anak mereka perlu mendapatkan pendidikan yang baik mengenai pertanian dan gula," katanya.

Ia kemudian menjelaskan bahwa pola pendidikan di lembaga itu adalah 50% berbanding 50% untuk pendidikan agama dan pendidikan bidang lainnya, termasuk pendidikan mengenai pergulaan.

"Kami ingin mencetak santri yang berakhlak baik sekaligus memiliki pengetahuan mumpuni mengenai pertanian, khususnya tebu," katanya.

Pihak pesantren juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan pabrik gula untuk pengembangan program keahlian pergulaan tersebut. Bahkan PG Asembagus berjanji akan merekrut 10 hingga 20 siswa lulusan terbaik sekolah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper