Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI BERTEMU OBAMA: Agenda Jokowi di AS 25-28 Oktober

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS) pada 25-28 Oktober 2015 demi memperkuat dan memperluas kerja sama bilateral.
Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake/Antara
Duta Besar Amerika Serikat Robert Blake/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake mengatakan, kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat (AS)  pada 25-28 Oktober 2015 demi memperkuat dan memperluas kerja sama bilateral.

"Secara keseluruhan saya bisa sampaikan, kunjungan ini akan menandai hubungan strategis yang kuat antara Indonesia dan Amerika," ujar Blake di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Pada kunjungan Presiden Jokowi itu, pemerintah AS menantikan penandatangan nota kesepahaman guna memperluas kerja sama kedua negara di bidang maritim (sesuai fokus pemerintahan Presiden Jokowi), energi dan pertahanan.

AS juga menantikan beberapa investasi baru dan kontrak yang akan diumumkan setelah Jokowi datang, tambah Blake.

"Saya rasa kita akan melihat keyakinan dunia usaha AS dan masa depan ekonomi Indonesia dan juga keyakinan mereka terhadap program reformasi ekonomi Presiden Jokowi," sambung dia.

Jokowi akan bertemu dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih Senin (26/10/2015), demi meningkatkan kerja sama dalam menghadapi tantangan global dan regional, meliputi peran Indonesia di Asean, peran Indonesia dalam penyelesaian masalah Laut China Selatan, perubahan iklim dan cara menghadapi kelompok ekstremis.

"Seperti yang disebutkan oleh Menlu AS John Kerry dan Menlu RI Retno bulan lalu, kunjungan ini juga ditujukan untuk meningkatkan perdagangan bilateral," kata Blake sembari menyampaikan harapan negaranya bagi fasilitasi peluang investasi dan perdagangan demi masa depan hubungan ekonomi kedua negara.

Kamar Dagang

Seusai bertemu Obama, Presiden Jokowi akan berinteraksi dengan perwakilan dari dunia usaha AS dan akan menghadiri pertemuan dengan tiga badan kamar dagang di AS, yakni US Chamber of Commerce, American Chamber of Commerce dan US-Asean Business Council.

Jokowi juga akan menyampaikan pidato dalam jamuan makan malam pada US-Asean Business Council.

Pada hari kedua, Presiden Jokowi akan berpidato dalam pertemuan dengan lembaga "think tank" AS.

"Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan di Capitol Hill (Kongres AS) kemudian akan menghadiri acara yang sudah dijadwalkan oleh KBRI (Kedutaan Besar RI) Washington," tambah Blake.

Terakhir, Rabu (28/10/2015), Presiden Jokowi akan bertemu dengan para petinggi dan perusahaan industri teknologi Lembah Silikon.

"Kunjungan ini diurus oleh pemerintah RI, tetapi saya akan turut berpartisipasi," ujar Robert Blake yang akan mendampingi Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper