IDUL ADHA: Khutbah Masjid Istiqlal Serukan Kurban Untuk Kemajuan Bangsa

Ribuan jamaah salat Idul Adha di masjid Istiqlal Jakarta mengikuti ibadah dengan hikmad sampai akhir khutbah. Tidak ketinggalan dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara lainnya.
Akhirul Anwar | 24 September 2015 12:15 WIB
Jamaah Istiqlal. - kemenag.

Kabar24.com, JAKARTA - Ribuan jamaah salat Idul Adha di masjid Istiqlal Jakarta mengikuti ibadah dengan hikmad sampai akhir khutbah. Tidak ketinggalan dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja dan pejabat negara lainnya.

Salat dipimpin oleh Hasanuddin Sinaga dan khatib Prof DR H M Amin Abdullah, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tema tahun ini adalah berkurban untuk kemajuan bangsa dan peradaban. Belakangan ini bangsa sedang menghadapi tantangan perlambatan ekonomi. Semangat berkurban untuk kemajuan bangsa diantaranya tidak mudah putus asa, pantang menyerah dalam mengatasi perlambatan ekonomi dengan mengedepankan nilai fundamental dedikasi, integritas dan mentalitas.

"Bekerja dan kerja terus berkesinambungan tanpa mengeluh pantang menyerah dan mohon bimbingan kepada Allah. Demikian anjuran Al Quran dalam hadapi krisis. Dengan etos kerja, fundamental ekonomi, bangsa Indonesia bisa menatap masa depan lebih baik," jelas Amin.

Saat ini, ujar Amin, dengan jumlah penduduk mencapai 237 juta jiwa tetapi peringkat pendidikan belum menggembirakan, prestasi olahraga luntur, tawuran antar warga masih terjadi, korupsi jadi trending topic media, kejahatan narkoba menggerogoti pemuda dan asap menyesakkan nafas.

"Pasca kemerdekaan 70 tahun, kita belajar kelemahan yang ada dan melakukan perbaikan dari sektor pendidikan dan pelatihan," tutur Khatib.

Tag : masjid istiqlal
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top