Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satelit NOAA Deteksi Ada 53 Titik Api di Kaltim & Kaltara

Citra Satelit NOAA-18 per 6 September 2015, mendeteksi 53 hotspot atau titik panas di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.
Titik api pemicu kebakaran hutan dan lahan./Ilustrasi
Titik api pemicu kebakaran hutan dan lahan./Ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA - Citra Satelit NOAA-18 per 6 September 2015, mendeteksi 53 hotspot atau titik api di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Wahyu Widhi Heranata Minggu mengatakan, ke-53 titik panas tersebut, tujuh di antaranya terdeteksi di wilayah Kalimantan Utara yakni berada di Kabupaten Bulungan.

"Hari ini (Minggu, 6 September) citra Satelit NOAA-18 mendeteksi 53 titik panas di wilayah Kaltim dan Kalimantan Utara, tujuh di antaranya di Kabupaten Bulungan (Kaltara) dan 46 berada di wilayah Kaltim," ujar Wahyu Widhi Heranata.

Ke-46 titik panas yang terpantau di wilayah Kaltim kata Wahyu Wdhi Heranata, yakni, sebanyak 13 terdeteksi di Kabupaten Berau, 12 titik panas di Kabupaten Kutai Kartanegara, sembilan terpantau di Kabupaten Paser, enam titik panas di Kabupaten Kutai Barat, lima di Kabupaten Kutai Timur serta satu titik panas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Citra Satelit Terra dan Aqua per 6 September 2015, blankspot atau tidak mendeteksi ada titik panas," kata Wahyu Wdhi Heranata.

Sementara itu, pada Sabtu (5/9/2015) tiga satelit yakni, Terra, Aqua dan NOAA-18 lanjut Wahyu Widhi Heranata, masing-masing mendeteksi adanya titik panas di wilayah Kaltim dan Kalimantan Utara.

Citra Satelit Terra per 5 September 2015, tambahnya, mendeteksi empat titik panas di wilayah Kalimantan Utara, yakni masing-masing satu titik panas di Kabupaten Nunukan, Tana Tidung, Malinau serta Kabupaten Bulungan.

"Di wilayah Kaltim berdasarkan citra Satelit Terra terpantau lima titik panas di Kabupaten Berau, 10 di Kabupaten Kutai Kartanegara, sebanyak tiga titik panas di Kabupaten Paser, dua di Kutai Barat serta di Kabupaten Kutai Timur terdeteksi satu titik panas," ujar Wahyu Widhi Heranata.

Dari Citra Satelit Aqua kata Wahyu Widhi Heranata, terdeteksi 29 titik panas di Kalimantan Utara, masing-masing, 14 titik panas di wilayah Kabupoaten Bulungan, 11 di Kabupaten Malinau serta masing-masing dua titik panas terdeteksi di Kabupaten Tana Tidung dan Nunukan.

Di wilayah Kaltim berdasarkan citra Satelit Aqua, terpantau 24 titik panas di Kabupaten Berau, 23 terdeteksi di Kabupaten Kutai Timur, di Kutai Kartanegara juga terdeteksi 23 ttik panas, empat di Kabupaten Paser, tiga di Kabupaten Mahakam Ulu serta satu ttitik panas di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara, dari pantauan Satelit NOAA-18 pada Sabtu (5/9) tersebut, mendeteksi dua titik panas di wilayah Kalimantan Utara yakni, masing-masing satu di Kabupaten Tana Tidung dan Bulungan.

Di wilayah Kaltim, titik panas yang terpantau melalui satelit NOAA-18, yakni, masing-masing delapan titik panas terdeteksi di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, dua titik panas di Kabupaten Kutai Timur serta masing-masing satu di Kabupaten Berau, Paser dan Mahakam Ulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper