Lampung Sarang Begal, Ini Respons Polisi Lampung

Lampung dikenal sebagai daerah penghasil pisang. Daerah ini juga dikenal sebagai daerah asal pembegal.
Dika Irawan | 02 September 2015 10:13 WIB
Pelaku begal motor ditangkap - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Lampung dikenal sebagai daerah penghasil pisang. Daerah ini juga dikenal sebagai daerah asal pembegal.

Julukan itu semakin lekat ketika beberapa waktu belakangan beredar kabar bahwa para pembegal dari Lampung disebar ke Jakarta dan sekitarnya. Apa betul sedemikan mengerikannya Lampung?

Kepala Bidang Humas Masyarakat Kepolisian Daerah Lampung Ajun Komisaris Besar Polisi Sulistyaningsih tak menampik begal atau dalam istilah kepolisiannya disebut  pencurian dengan pemberatan memang ada di wilayahnya.

Namun, menurut Sulis istilah pembegalan pertama kali muncul di Lampung Utara.

Sulistyaningsih menuturkan,  umumnya pelaku pembegalan yang membunuh korban dipengaruhi oleh narkoba. Barang haram itu diduga kuat memicu aksi kriminalitas, lantaran para pelaku tak segan membunuh para korban.

Soal pembegalan, tak hanya masyarakat yang menjadi korbannya. Seorang anggota polisi pun, tutur Sulistyaningsih, pernah menjadi korban dan dalam waktu dekat akan diekspos.

Polisi, ujarnya, senantiasa mengimbau kepada masyarakat agar waspada dengan menghindari jalan yang tak memiliki lampu penerangan. Alasannya, lampu penerangan jalan di provinsi gerbang Pulau Sumatra ini masih minim. 

"Di sini kan penerangannya masih kurang, terus di kampung-kampung jalan masih gelap itu membuat bisa terjadi begal," katanya kepada wartawan unit Mabes Polri di Bandar Lampung, Rabu (2/9/2015).

Operasi

Selain itu, untuk terus menekan angka pembegalan, Polda Lampung selalu meningkatkan operasi pemberantasan begal. Dari operasi tersebut, ujarnya, pernah pihaknya memperoleh sitaan senjata api dalam waktu sepekan.

 "Nah dari operasi itu kita targetkan, kita juga sering mendapatkan hasil senjata api dalam waktu seminggu. Alhamdulillah saat ini situasinya sangat kondusif," katanya.

Seperti diwartakan, beberapa hari lalu anggota Brimob Polda Lampung tewas ditembak pembegal. Namun pelaku berhasil dilumpuhkan dengan peluru panas oleh tim gabungan Resmob Polda Lampung, Polresta, Satbrimob Polda Lampung, dan Satuan 1 Gegana, dan Korbrimob Mabes Polri.

Tag : begal
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top