Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Menteri Era SBY Sambangi KPK. Ini Yang Dibahas

Kuntoro, yang juga pernah memimpin Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyambangi pimpinan KPK untuk membahas rencana strategis (renstra) 2015-2019.
Kuntoro Mangkusubroto/Antara
Kuntoro Mangkusubroto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Mantan Menteri Pertambangan dan Energi Indonesia pada Kabinet Reformasi Pembangunan era Presiden SBY, Kuntoro Mangkusubroto Selasa (1/9/2015) pagi menyambangi KPK.

Kuntoro, yang juga pernah memimpin Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyambangi pimpinan KPK untuk membahas rencana strategis (renstra) 2015-2019.

"Ini soal renstra kita 2015-2019 selama 4 tahun ke depan jadi nanti pimpinan yang baru kita sudah mempersiapkan sejak dini." ujar Zulkarnain, Wakil Ketua KPK, di Gedung KPK, Selasa.

Rencana Strategis yang dibahas salah satunya terkait dengan koordinasi antarlembaga.

Menurut Kuntoro, KPK memiliki fungsi yang sama dengan lembaga lain. Bahkan mempunya jaringan yang lebih luas.

"KPK perlu memetakan dirinya dalam posisi yang lebih tepat sedemikian rupa sehingga tidak mudah untuk ditarik ke wilayah yang friksi dengan yang lain-lain." ujar Kuntoro.

Kuntoro juga memberikan masukan kepada pihak KPK terkait positioning lembaga KPK yang dinilainya perlu dipertajam. Namun perlu dicermati betul terkait dengan pembentukan cabang di daerah.

"Supaya lebih hati-hati sebelum kita memutuskan untuk membuat perwakilan di daerah karena KPK harus mempunyai sistem nilai yang kukuh sekali dan biasanya begitu dibangun perwakilan atau cabang di daerah ini maka penegakkan nilai-nilai ini merupakan tantangan yang paling berat." tambah Kuntoro.

Kuntoro juga sempat menyinggung soal kriminalisasi KPK.

Namun, ia enggan berkomentar lebih lanjut karena merasa bukan bagiannya.

"Kriminalisasi tadi itu memang ada yang menyentuh tapi saya kira saya tidak masuk ke situ karena itu bukan bidang saya, saya berbicara mengenai lebih pada pengorganisasiannya yang sebaik-baiknya," ujar Kuntoro seraya meninggalkan Gedung KPK.

terkait

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper