Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertemuan AEM ke-47: Ini Kesepakatan ASEAN, Australia, Selandia Baru, & India

Selain mencapai beberapa kesepakatan dengan China, Jepang, dan Korea pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) ke-47 berhasil capai beberapa kesepakatan dengan tiga mitra dagang lainnya yaitu Australia, Selandia Baru, dan India.
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi
Masyarakat Ekonomi Asean 2015/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Selain mencapai beberapa kesepakatan dengan China, Jepang, dan Korea pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) ke-47 berhasil capai beberapa kesepakatan dengan tiga mitra dagang lainnya yaitu Australia, Selandia Baru, dan India.

Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Diplomasi Perdagangan Sondang Anggraini mengatakan, pertemuan para Menteri Ekonomi ASEAN dengan Menteri Ekonomi Australia, Selandia Baru, dan India tersebut membahas beberapa permasalahan a.l. peningkatan komitmen kerja sama melalui review persetujuan perdagangan barang ASEAN-India FTA yang rencananya akan dilakukan pada tahun depan, serta membahas dan menyepakati beberapa perkembangan dalam kerangka kerja sama ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area (AANZFTA).

Para Menteri menyoroti upaya peningkatan pemanfaatan kerja sama khususnya bagi para pebisnis, untuk mendukung utilisasi preferensi tarif dalam kerangka AANZFTA serta mendorong upaya penyelesaian prosedur ratifikasi atas protokol perubahan pertama dari perjanjian AANZFTA, dimana diharapkan seluruh pihak dapat segera menotifikasi per 1 Oktober 2015.

"Saat ini, Indonesia sedang melakukan proses ratifikasi sesuai amanat UU Perdagangan No. 7/2024. Indonesia juga mendorong pemanfaatan kerja sama peningkatan kapasitas, khususnya bagi negara anggota ASEAN dalam kerangka AANZFTA Economic Cooperation Support Program (AECSP) yang sumber pendanaan utamanya berasal dari Australia," kata Sondang dalam rilis Kementerian Perdagangan, Senin (24/8/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper