Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menko Maritim Segera Beri Nama Pulau-pulau Anonim di Indonesia

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan saat ini di Indonesia memiliki 17.000 ribu pulau, namun baru 13.000 yang memiliki nama.
Ilustrasi/Antara-Ampelsa
Ilustrasi/Antara-Ampelsa

Kabar24.com, JAKARTA- Indonesia sebagai negara kepulauan masih memiliki pulau-pulau kecil yang tidak bernama.

Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan saat ini di Indonesia memiliki 17.000 pulau. Namun, baru 13.000 yang baru memiliki nama. Artinya, ada empat ribu pulau yang masih anonim.

"Saat ini baru ada 13.000 pulau yang sudah diverifikasi dengan pemberian nama. Ribuan pulau lainnya lagi diverifikasi untuk ada namanya," ungkap Indroyono dalam acara puncak Harteknas di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Indroyono mengungkapkan saat ini 4.000 pulau tak bernama tersebut sedang dilakukan proses untuk segera diberi nama. Selain menyatukan bangsa, langkah ini juga dilakukan untuk menghindari klaim dari negara tentangga.

"Itu sedang kita usahakan memberi nama, dengan bantuan kapal riset, seperti KRI Rigel. Kesiapan kita untuk survei oceanografi dan lainnya, serta kesiapan kedaulatan negara kita, dengan verifikasi pulau itu ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB)," ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk selanjutnya dilakukan perencanaan dan pemberangkatan kapal survey.

Setelah menemukan pulau anonim tersebut untuk segera ditentukan posisi geografisnya lalu diajukan kepada PBB untuk disahkan sebagai pulau milik Indonesia agar dapat di ketahui oleh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper