Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

NAMARIN: Polisi Tak Bisa Pidanakan Persoalan Dwelling Time

National Maritime Institute (Namarin) menyatakan penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian tidak berkaitan dengan persoalan dwelling time, tetapi merupakan kasus pemerasan atau gratifikasi.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 01 Agustus 2015  |  12:20 WIB
NAMARIN: Polisi Tak Bisa Pidanakan Persoalan Dwelling Time
Dwelling time yang kerap memicu stagnasi di Pelabuhan Tanjung Priok. - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - National Maritime Institute (Namarin) menyatakan penyelidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian tidak berkaitan dengan persoalan dwelling time tetapi merupakan kasus pemerasan atau gratifikasi.

Direktur Namarin Siswanto Rusdi mengatakan persoalan dwelling time termasuk dalam kategori good governance atau tata kelola kepemerintahan yang baik. Dengan kata lain, menurutnya, persoalan dwelling time berkaitan erat dengan manajemen negara.

“Jadi perlu diluruskan bahwa dwelling time itu bukan pidana dan tidak bisa dipidana. Polisi menyidik pada aspek pelanggaran hukum,” ujarnya dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (1/8/2015).

Menurutnya, di zaman pemeirntahan kolonial, ada lembaga khusus yang bertugas selaku penguasa pelabuhan. Lembaga itu memiliki berbagai wewenang untuk memastikan tata kelola pelabuhan yang baik dan bertanggung jawab ke Gubernur Jenderal.

“Tapi setelah Indonesia merdeka, terjadi perubahan di mana banyak kementerian dan lembaga yang masuk di pelabuhan,” tambahnya.

Menurutnya, peran di zaman kolonial itu saat ini bisa dilakukan oleh Otoritas Pelabuhan yang menurut Undang-undang (UU) No.17/2008 tentang pelayaran merupakan wakil pemerintah yang bertugas selaku koordinator di pelabuhan.

“Tapi OP itu kekurangan anggaran dan sumber daya manusia serta belum terlalu cekatan. Misalnya kalau ada penumpukkan barang di terminal, semestinya segera menghubungi operator untuk mempercepat prosesnya,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dwelling time tanjung priok
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top