Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petisi Copot Budi Waseso: Polri Bukan LSM Kata Badrodin

Kepala Kepolisian RI, Jenderal Badrodin Haiti, mengatakan Polri yang dipimpimnya bukanlah lembaga swadaya masyarakat.
Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso/Antara
Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Kepala Kepolisian RI, Jenderal Badrodin Haiti, mengatakan Polri yang dipimpimnya bukanlah lembaga swadaya masyarakat.

"Polri ada mekanismenya. Kami bukan lembaga swadaya masyarakat. Kami ini lembaga negara yang memiliki aturan," ujar Badrodin, Rabu (22/7/2015).

Penegasan Badrodin itu dikemukakan menanggapi tuntutan ribuan netizen yang menuntut pencopotan Komisaris Jenderal Budi Waseso dari jabatannya sebagai Kepala Bareskrim Mabes Polri. Tuntutan itu dilakukan dengan menandatangani petisi secara online.

Badrodin mempersilakan setiap orang membuat petisi, yang baginya dinilai sah-sah saja. Namun, pencopotan seorang pejabat Polri tidak bisa dilakukan hanya atas dasar desakan publik, meskipun jumlahnya mencapai ribuan orang.

 "Itu, kan, tidak mudah. Kami memiliki aturan dalam kepangkatan dan jabatan," kata Badrodin.

Badrodin menjelaskan, pencopotan pejabat tinggi di kepolisian harus melalui mekanisme yang diatur secara ketat dalam perundang-undangan.

Ribuan netizen menandatangani petisi yang berisi seruan pencopotan Budi Waseso. Petisi disebarluaskan di laman www.change.org/copotbuwas.

Sepakat
Netizen sepakat menuntut Presiden Joko Widodo dan Kepala Kepolisian RI mencopot Budi Waseso karena dianggap melakukan pelemahan gerakan anti-korupsi.

Petisi itu diinisiasi oleh aktivis Dahnil Anzar Simanjutak dan Ray Rangkuti. Dahnil menginisiasi petisi itu pada Rabu (115/7/2015). Ditargetkan 5 ribu orang menandatangani ajakan gerakan tersebut.

Namun, kurang dari 24 jam setelah laman itu dibuka, sudah 3.508 orang ikut mendukung petisi. Bahkan saat diakses pada Rabu pagi, 22 Juli 2015, penandatangan petisi telah mencapai 16.311 orang.

Mengutip penjelasan dalam petisi, disebutkan bahwa tiga bulan sejak Budi Waseso dilantik sebagai Kabareskrim, gerakan anti-korupsi dilemahkan. Setidaknya, 49 orang pejuang anti-korupsi dilaporkan dalam berbagai kasus pidana. Empat di antaranya adalah pejabat KPK dan Komisi Yudisial.

Dalam petisi itu juga diuraikan, kriminalisasi terhadap 49 orang itu menjadi ancaman besar bagi para aktivis yang bergiat di gerakan anti-korupsi. Semua persoalan ini muncul saat Budi Waseso menjadi Kabareskrim.

Selanjutnya dijelaskan dalam petisi itu, sejauh ini Budi Waseso hanya mengungkap 4 kasus korupsi, dengan tidak lebih dari 10 orang tersangka. Belum ada satupun dari mereka yang diproses di pengadilan.

Sementara aktivis anti-korupsi dan pejabat negara yang bekerja menjaga negara agar bersih dari korupsi sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper