Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Angkutan Umum di Soekarno-Hatta yang Wajib Diketahui

Apakah Anda termasuk satu dari sekian banyak pemudik pengguna yang hendak bepergian naik pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta?
Anggota Polda Metro Jaya Ditsabhara Unit K-9 melakukan patroli di lingkungan bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/7). /Antara
Anggota Polda Metro Jaya Ditsabhara Unit K-9 melakukan patroli di lingkungan bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (11/7). /Antara

Bisnis.com, TANGERANG— Apakah Anda termasuk satu dari sekian banyak pemudik yang hendak bepergian dengan  pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta?

Jika jawabannya ya, apalagi tahun ini adalah pengalaman pertama mudik naik pesawat, Anda perlu tahu beberapa aspek panduan penumpang terkait layanan transportasi umum di Soekarno-Hatta.

Saat ini tersedia beberapa layanan transportasi umum di Soekarno-Hatta. Paling familiar tentunya taksi dan angkutan pemadu moda. Secara keseluruhan ada lima moda transportasi yang dapat dimanfaatkan, yaitu shuttle bus antarterminal, bus pemadu moda antarkota, sewa mobil, taksi, dan kendaraan travel.

Kemungkinan tarif masing-masing moda angkutan umum tersebut naik selama Ramadan. Oleh karena itu kepastian harga tiket sebaiknya langsung ditanyakan kepada masing-masing operator kendaraan.

Shuttle Bus

Manajeman bandar udara menyediakan shuttle bus yang shelter-nya tersedia di setiap terminal, baik 1, 2, maupun 3. Tujuannya pun ke masing-masing terminal dengan tarif gratis.

Armada bus yang disediakan terbilang sangat nyaman. Selain bersih dan dilengkapi pendingin ruangan tentunya shuttle bus ini menggunakan armada yang laik jalan. Apabila Anda membutuhkan layanan angkutan umum ini dapat coba menghubungi 021-550026.

Angkutan Pemadu Moda

Untuk angkutan pemadu moda yang paling tersohor mungkin Damri. Tapi sebetulnya ada bus lain, yakni Agra Mas, Hiba Utama, Primajasa, dan Sinar Jaya Megah Langgeng dengan rute lebih terbatas.

Rute Agra Mas dari Soekarno-Hatta ke PGC Cililitan dengan tarif Rp35.000 per orang, Hiba Utama ke Depok tarif Rp50.000, Primajasa ke Bandung seharga Rp115.000, sedangkan Sinar Jaya menuju Cileungsi seharga Rp50.000.

Adapun Damri, harga tiketnya berkisar Rp40.000 - Rp65.000. Wilayah tujuannya antara lain Kemayoran, Mangga Dua, Blok M, Kampung Rambutan, Rawa Mangun, Gambir, Pasar Minggu, Tanjung Priok, Lebak Bulus, Halim Perdanakusuma, Bekasi, Harapan Indah Bekasi, Cikarang, Grand Wisata, Bogor, Cibinong, Serang, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Bogor, dan Karawaci

Sewa Mobil

Untuk layanan sewa mobil alias rent car, Bandara Soekarno-Hatta menyediakan lima opsi. Operator penyewaan mobil yang tersedia ialah Garuda Biru, Golden Bird, Laks Prima Transport, Liga Utama Indonesia, dan Trac (Serasi Auto Raya).

Adapun nomor yang dapat dihubungi untuk penyewaan, yaitu 0215710068 (Trac), 0215927881 (Liga Utama Indonesia), 0218407545 (Laks Prima Transport), dan 0215500266 (Golden Bird).

Taksi

Untuk jasa angkutan taksi setidaknya ada 12 operator yang menyediakan armada khusus untuk Bandara Soekarno-Hatta. Mereka adalah White Horse, Tiara Express, Taxiku, Silver Bird, Primajasa, Gamya, Gading, Express, Diamond, Borobudur, Borobudur Premium, dan Blue Bird.

Rata-rata taksi tersebut dapat ditemui di zona pesawat mendarat di seluruh terminal. Tujuannya secara umum ke Jabodetabek dengan tarif buka pintu dan per kilometer berbeda-beda, berkisar Rp7.500 - Rp15.000-an.

Travel

Untuk travel tersedia tiga operator, yaitu Cipaganti, Citi Trans, dan X-Trans. Rutenya rerata menuju Bandung, Jawa Barat dengan tarif berbeda-beda. Masing-masing dapat diakses melalui shelter di semua terminal.

Cipaganti menyediakan rute Soekarno-Hatta menuju Bandung. Tidak hanya mengantar ke shelter Cipaganti di Kota Kembang tetapi juga menyediakan layanan antar door to door. Layanan ke shelter tarifnya sekitar Rp150.000, sedangkan langsung ke tujuan Rp265.000-an.

Untuk Citi Trans dari bandara menuju Pasteur, Cihampelas, dan Dipati Ukur. Harga tiket berbeda, untuk minibus 12 tempat duduk sekitar Rp120.000 per orang, sedangkan minibus delapan kursi Rp180.000.

 Adapun X-Trans tidak hanya mengantar ke Bandung tetapi juga ke Tangerang Selatan tepatnya Bintaro. Tarifnya Rp140.000 untuk rute ke Bandung dan Rp50.000-an ke Bintaro.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper