Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Banda Aceh Bantah Adanya Jam Malam Perempuan

Pemerintah Kota Banda Aceh menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh.
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh/Islamic-center.or.id
Masjid Baiturrahman di Banda Aceh/Islamic-center.or.id

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Banda Aceh menjamin keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh.

Terkait dengan isu jam malam untuk perempuan’ yang sedang marak diberitakan di media massa, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal menegaskan pemkot hanya mengeluarkan instruksi yang mengatur bahwa pekerja perempuan Aceh pada tempat wisata/rekreasi, warnet, sarana olahraga, serta tempat hiburan lainnya tidak boleh bekerja di atas pukul 23.00 WIB.

Pemerintah Kota Banda Aceh juga tidak pernah mengeluarkan istilah ‘jam malam’ khususnya bagi perempuan.

“Bukan hanya pekerja perempuan di tempat-tempat itu (wisata/rekreasi, warnet, olahraga, hiburan) saja yang dibatasi waktu kerjanya, izin usaha tempat-tempat itu juga sampai batas pukul 00.00 WIB. Instruksi ini justru untuk melindungi tenaga kerja perempuan di Banda Aceh," katanya dalam jumpa media via video call dari Jakarta pada Kamis, (18/6/2015).

Illiza menjamin kota Banda Aceh tidak diskriminatif terhadap perempuan dan ramah gender. Kota Banda Aceh punya rancangan qanun atau perda kota ramah gender sebagai bukti political will Pemkot untuk menjamin terpenuhinya hak-hak perempuan.

“Kami dapat dikatakan diskriminatif jika instruksi ini diberlakukan untuk membatasi aktivitas perempuan, namun kami tidak melakukan hal itu. Saya sebagai perempuan terus berjuang agar harkat dan martabat perempuan mendapat posisi yang seharusnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya fasilitas Balee Inong (tempat bagi perempuan untuk berhimpun) dan Woman Development Center, program Misrena (Musyawarah Rencana Aksi Perempuan), serta kebijakan 80% dana Penguatan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) bagi perempuan, Banda Aceh mendapat penghargaan kesetaraan gender di tingkat nasional maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper