Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Mengerjakan Ujian Tertulis SBMPTN

Jika Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) didasarkan dengan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki, maka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditentukan berdasarkan hasil tes secara tertulis maupun tes keterampilan.
Persiapan SBMPTN. /Antara
Persiapan SBMPTN. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) didasarkan dengan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki, maka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditentukan berdasarkan hasil tes secara tertulis maupun tes keterampilan.

Oleh karena itu, bagi peserta SBMPTN 2015,  harus mulai bisa memahami cara mengerjakan tes secara efektif. berikut beberapa tips saat mengerjakan tes:

1. Lihat petunjuk

Sebelum mengerjakan suatu tes, peserta harus memahami petunjuk pengerjaan secara lengkap. Jika ada yang belum dipahami, tanyakan kepada pengawas ujian. Jika mengerjakan soal sesuai dengan petunjuk yang benar, maka akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa lulus dalam sebuah tes.

2. Hitung soal yang bisa dikerjakan

Hitunglah berapa soal yang bisa dijawab terlebih dahulu saat ujian. Setidaknya jika tahu jumlah soal yang bisa dijawab, akan dapat memprediksi berapa kemungkinan untuk lolos dalam tes tersebut.

3. Perhatikan waktu

Perhitungkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soal. Serta harus bisa memperkirakan waktu yang digunakan agar semua soal bisa terjawab dengan baik. Jangan terlalu membuang waktu pada salah satu soal.

4. Kerjakan yang mudah dulu

Saat mengerjakan suatu tes,sebaiknya mengutamakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Sebab, jika terlalu fokus pada soal yang sulit, maka akan kehabisan waktu untuk mengerjakan soal lain yang mungkin bisa dikerjakan dengan sempurna.

5. Periksa kembali

Jika dapat memperhitungkan waktu dengan baik, maka akan memiliki waktu untuk memeriksa jawabanmu kembali. Periksa lagi apakah sudah menjawabnya sesuai dengan petunjuk. Pastikan sudah mengisi jawaban dengan baik dan benar. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper