Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tips Mengerjakan Ujian Tertulis SBMPTN

Jika Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) didasarkan dengan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki, maka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditentukan berdasarkan hasil tes secara tertulis maupun tes keterampilan.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 09 Juni 2015  |  16:27 WIB
Persiapan SBMPTN.  - Antara
Persiapan SBMPTN. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) didasarkan dengan nilai rapor dan prestasi yang dimiliki, maka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditentukan berdasarkan hasil tes secara tertulis maupun tes keterampilan.

Oleh karena itu, bagi peserta SBMPTN 2015,  harus mulai bisa memahami cara mengerjakan tes secara efektif. berikut beberapa tips saat mengerjakan tes:

1. Lihat petunjuk

Sebelum mengerjakan suatu tes, peserta harus memahami petunjuk pengerjaan secara lengkap. Jika ada yang belum dipahami, tanyakan kepada pengawas ujian. Jika mengerjakan soal sesuai dengan petunjuk yang benar, maka akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa lulus dalam sebuah tes.

2. Hitung soal yang bisa dikerjakan

Hitunglah berapa soal yang bisa dijawab terlebih dahulu saat ujian. Setidaknya jika tahu jumlah soal yang bisa dijawab, akan dapat memprediksi berapa kemungkinan untuk lolos dalam tes tersebut.

3. Perhatikan waktu

Perhitungkan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan setiap soal. Serta harus bisa memperkirakan waktu yang digunakan agar semua soal bisa terjawab dengan baik. Jangan terlalu membuang waktu pada salah satu soal.

4. Kerjakan yang mudah dulu

Saat mengerjakan suatu tes,sebaiknya mengutamakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Sebab, jika terlalu fokus pada soal yang sulit, maka akan kehabisan waktu untuk mengerjakan soal lain yang mungkin bisa dikerjakan dengan sempurna.

5. Periksa kembali

Jika dapat memperhitungkan waktu dengan baik, maka akan memiliki waktu untuk memeriksa jawabanmu kembali. Periksa lagi apakah sudah menjawabnya sesuai dengan petunjuk. Pastikan sudah mengisi jawaban dengan baik dan benar. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sbmptn
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top