Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Balikpapan Minta PLN Jaga Jaringan Selama Puasa

Pemerintah Kota Balikpapan meminta PLN Balikpapan untuk menjaga jaringan listrik selama bulan puasa agar PDAM dapat menyalurkan air bersih tanpa hambatan.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 08 Juni 2015  |  21:35 WIB
Pemerintah Kota Balikpapan meminta PLN Balikpapan untuk menjaga jaringan listrik selama bulan puasa agar PDAM dapat menyalurkan air bersih tanpa hambatan. - JIBI
Pemerintah Kota Balikpapan meminta PLN Balikpapan untuk menjaga jaringan listrik selama bulan puasa agar PDAM dapat menyalurkan air bersih tanpa hambatan. - JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Pemerintah Kota Balikpapan meminta PLN Balikpapan untuk menjaga jaringan listrik selama bulan puasa agar PDAM dapat menyalurkan air bersih tanpa hambatan.

Pasalnya, PDAM membutuhkan aliran listrik untuk mengalirkan air bersih ke pelanggan di seluruh penjuru kota tersebut. Selama ini, PDAM terkadang terpaksa menggunakan genset untuk mengalirkan air apabila aliran listrik terputus.
"Kami harap PLN dapat lebih memperbaiki jaringan agar transmisi tidak terganggu. Karena kalau terganggu, PDAM juga tidak bisa optimal mengalirkan air ke penduduk setempat," tutur Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (8/6/2015).
Direktur Utama PDAM Balikpapan Chaidir Effendi mengatakan untuk menstabilkan putaran pompa setelah berganti daya listrik ke genset membutuhkan waktu sekitar empat jam.
"Selama ini memang jadi kendala. Sehingga banyak muncul keluhan aliran air bersih ke daerah yang lokasinya jauh dan tinggi itu terganggu. Oleh karena itu instalasi pengolahan air yang menggunakan pompa sangat membutuhkan support dari PLN," jelasnya.
Saat ini, ketersediaan air baku PDAM Balikpapan di Waduk Manggar mencapai ketinggian di atas 10 meter. Sementara kapasitas produksi mencapai 1.178 liter per detik.
Untuk menjaga kestabilan persediaan air bersih selama bulan puasa, PDAM Balikpapan menyediakan mobil tangki air bersih yang melayani kebutuhan warga dan akan beroperasi tujuh hari sebelum dan sesudah lebaran.
"Selain itu, perbaikan jaringan yang terjadwal juga kami upayakan untuk ditunda selama bulan puasa sampai dengan lebaran agar aliran air untuk warga tidak terganggu," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot balikpapan
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top