Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Banten sepanjang Mei sekitar 0,72%

Kenaikan indeks harga konsumen pada sebagian besar kelompok pengeluaran mendorong inflasi Provinsi Banten pada Mei 2015 menyentuh 0,72%.

Kabar24.com, TANGERANG--Kenaikan indeks harga konsumen pada sebagian besar kelompok pengeluaran mendorong inflasi Provinsi Banten pada Mei 2015 menyentuh 0,72%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banten Syech Suhaimi menyebutkan persentase tersebut merupakan laju inflasi pada bulan kelima dibandingkan bulan sebelumnya, yakni April 2015. “Ini berasal dari indeks harga konsumen Mei 125,12 sedangkan April 124,23,” katanya.

Peningkatan harga-harga komoditas di Banten terdorong lonjakan indeks harga konsumen (IHK) enam dari tujuh kelompok pengeluaran. Kelompok bahan makanan naik 1,69%; makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau 1,06 %; perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,38%; sandang 0,60%; kesehatan 0,58%; dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan naik 0,08%.

Cuma kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga saja mengalami penurunan indeks sebesar 0,01%. Angka ini berasal dari pantauan BPS Banten terhadap 417 jenis barang dan jasa, serta hasil Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2012 di Kota Serang, Tangerang dan Cilegon.

Syech menjelaskan pada bulan lalu inflasi di tiga kota itu masing-masing, yaitu Kota Serang 0,82%, Kota Tangerang 0,69%, dan Kota Cilegon 0,78%. Adapun laju inflasi year on year masing-masing 9,58%, 8,45%, dan Cilegon 8,78%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper