Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

John Nash, Peraih Nobel Matematika Ini Meninggal Akibat Kecelakaan Mobil

Ahli Matematika terkenal dari Princeton John Nash, peraih Hadiah Nobel yang kisah hidupnya mengilhami film A Beautiful Mind, tewas dalam satu kecelakaan mobil bersama istrinya di New Jersey, demikian laporan media pada Ahas (24/5).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 25 Mei 2015  |  08:11 WIB
John Nash  - pixshark.com
John Nash - pixshark.com

Kabar24.com, NEW JERSEY - Ahli Matematika terkenal dari Princeton John Nash, peraih Hadiah Nobel yang kisah hidupnya mengilhami film A Beautiful Mind, tewas dalam satu kecelakaan mobil bersama istrinya di New Jersey, demikian laporan media pada Ahas (24/5).

Menurut laporan jaringan televisi ABC News, kecelakaan mobil itu terjadi pada Sabtu, ketika Nash (86) dan istrinya Alicia Nash (82) sedang melakukan perjalanan naik taksi di New Jersey Turnpike. Pengemudi taksi tersebut kehilangan kendali dan mobilnya menabrak pagar pengaman, kata laporan itu.

Pemerintah lokal menduga pasangan pasangan tersebut tak memakai sabuk pengaman sebab keduanya terlempar dari taksi, kata laporan yang mengutip pernyataan Sersan Polisi Gregory Williams dari Kepolisian Negara Bagian New Jersey.

Nash, peraih Hadiah Nobel 1994 untuk Bidang Ekonomi, telah berjuang melawan paranoid schizophrenia dan kehidupannya digambarkan pada 2001 di dalam film laris Hollywood A Beautiful Mind, yang meraih empat Oscar termasuk Best Picture.

"Terkejut ... hati bersama keluarga untuk John & Alicia & keluarga. Kemitraan yang menakjubkan. Pkiran yang indah, hati yang indah," kata Russel Crowe, yang memainkan peran ahli matematika itu di dalam film tersebut, di akun Twitternya, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi.

Menurut jejaring berit NJ.com, pasangan Nash baru saja tiba di Amerika dari Norwegia, tempat Nash dan rekannya menerima Abel Prize untuk matematika dari Raja Norwegia Harald V pada Selasa (19/5/2014).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nobel

Sumber : Reuters/Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top