Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Buka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah 2015

Presiden Joko Widodo membuka rapat koordinasi nasional Pengawasan Intern Pemerintah atau PIP Tahun 2015 yang bertujuan melakukan pembenahan aparat PIP dalam berbagai aspek.
PNS DKI Jakarta/jakarta.go.id
PNS DKI Jakarta/jakarta.go.id

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo membuka rapat koordinasi nasional Pengawasan Intern Pemerintah atau PIP Tahun 2015 yang bertujuan melakukan pembenahan aparat PIP dalam berbagai aspek.

Rakornas PIP berlangsung di Aula Gandhi Kantor Pusat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jalan Pramuka No. 33  Jakarta Timur, Rabu (13/5/2015).

Kegiatan ini diikuti oleh aparat pengawasan intern pemerintah (APIP) yang bertanggung jawab melakukan pengawasan intern sesuai tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien guna mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Dikutip dari siaran pers yang diterbitkan Humas BPKP, Kegiatan rakornas PIP bertema "Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah dalam rangka Mengawal Akuntabilitas Pembangunan Nasional" dilaksanakan untuk memperoleh gambaran nyata APIP saat ini di Indonesia.

Berdasarkan hasil penilaian terhadap 417 APIP daerah yang telah dilakukan BPKP sampai Desember akhir 2014 dengan menggunakan Internal Audit Capability Model (IA-CM), sebanyak APIP (11,99%) berada pada level 2 (Infrastructure) dan sebanyak 367 APIP (88,015) berada pada level 1 (Initial).

Rakornas diharapkan menghasilkan beberapa poin strategis yakni pertama, tersusunnya kebijakan peningkatan kapabilitas APIP daerah, kedua peningkatan kapabilitas menjadi bagian dari dokumen perencanaan (RPJMN/D, Renstra).

Ketiga, tersusunnya grand design peningkatan kapabilitas APIP, keempat tersusunnya roadmap peningkatan kapabilitas menuju level 3, berikut action plan-nya.

Setelah dibuka oleh presiden, rakornas PIP dilanjutkan keynote speech ketua BPK, dilanjutkan paparan Menteri PAN dan RB, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Mendagri, Menkeu, Serta Menteri PU dan Pera.

Selanjutnya rapat koordinasi dipimpin oleh Kepala BPKP Ardan Adiperdana dengan narasumber Deputi Kepala BPKB Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam dan PMK, Irjen Kemenhub, Inspektur Provinsi Jawa Barat dan Ketua DPN AAIPI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper